Dilema kawula muda menginjak usia 20an : Pilih Kerja Atau Kuliah?

Telah dibaca 26 kali

Setiap orang akan  melewati jenjang kehidupan, dari anak – anak, remaja, dewasa muda, dewasa tua hingga menjadi orang tua. Pada masa dimana seseorang berada pada usia 20an, sudah mulai muncul daya tarik untuk memulai hal baru seperti kuliah atau memilih untuk kerja. Tak sedikit pula, pasca lulus SMA/K memilih untuk melanjutkan kuliah di Universitas yang diinginkan.

Setelah menikmati masa kuliah sekitar dua semester, sudah mulai diperkenalkan dengan kawan – kawan yang bekerja sambil kuliah. Adapula yang memilih, kuliah aja tetapi perbanyak organisasi, ada juga yang kuliah aja tanpa melakukan kegiatan tambahan selama masa kuliahnya. Kamu sobat yang mana nih? Hehe

Beberapa hal yang disadari saat menginjak usia 20an!

  1. Semakin menyadari bahwa kebutuhan di dunia perkampusan itu gak semurah dan semudah saat masih SMA/K. Tanggungan pun juga bertambah, seperti uang jajan harus terbagi antara membayar kosan (tapi masih syukur kalo kampus dan rumah deketan ya jadi gak perlu ngekos), kebutuhan untuk menyelesaikan tugas – tugas juga bertambah, seperti ngeprint lah, beli buku lah dan masih banyak lagi.
  2. Ikut ngerasain gimana rasanya melewati tanggal muda dan tanggal tua. Perbedaannya akan mulai terlihat pada pertengahan semester, dimana makan layaknya di Istana ditanggal muda, sedangkan makan super sederhana mendekati tanggal tua. Seru nya tuh disini, bisa saling berbagi dengan kawan dan bisa belajar yang namanya menghemat uang jajan loh!
  3. Akan menemukan berbagai tipe kawan, baik yang suka kupu – kupu alias kuliah pulang, ada yang budak organisasi banget, lalu ada juga yang fokus kuliah dan berprestasi dan gak sedikit juga yang bekerja sambil kuliah. Hayo tergiur yang mana nih? Biasanya seiring berjalannya waktu lebih banyak kerja sambil kuliah ya, karena selain bisa nambah uang jajan, rasanya saat kuliah bisa megang duit dari hasil keringet sendiri luar biasa banget loh! Kayak pingin coba lagi dan lagi hehe

Apa sih tantangannya kuliah sambil kerja ?

bimbel
  1. Waktu yang akan terkuras dan terbagi antara menyelesaikan tumpukan tugas atau tetap ngelembur karena tuntutan kerjaan yang harus tuntas.
  2. Cepat mengantuk dan lelah karena waktu istirahat akan lebih sedikit dibandingkan yang tidak bekerja sambil kuliah. Dalam kondisi apapun dituntut untuk selalu bisa mengikuti perkuliahan dengan baik dan pekerjaan pun tetap aman.
  3. Pola makan menjadi tidak teratur karena aktifitas yang padat seringkali buat kita lupa mendahulukan kesehatan daripada tugas – tugas lainnya. Ini riskan banget loh apalagi buat yang belum terbiasa makan tidak teratur, ternyata gak baik buat kesehatan.
  4. Harus siap mengenali berbagai tipe kawan, ada yang mengerti situasi kalau kita bekerja sambal kuliah, ada juga kawan yang bekerja menggunakan deadline dan  adapula yang tidak bisa memberikan toleransi ketika selalu melewatkan jam kerja kelompok.

Tips nya nih biar seimbang antara kerja dan kuliah gimana sih?

  • Memikirkan dengan sebaik – baiknya jika ingin bekerja sambil kuliah, seperti resiko yang didapat seperti apa, apakah bisa mengatasi resiko tersebut.
  • Pilihlah pekerjaan paruh waktu atau freelance. Jadi tidak perlu setiap hari bekerja, asalkan honor yang didapatkan cukup untuk tambahan. Misalnya, dengan bekerja sebagai guru les privat, penulis lepas, atau berjualan barang di marketplace.
  • Buatlah daftar skala prioritas baik untuk tugas kuliah maupun pekerjaan. Dahulukan tugas yang memang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Selanjutnya, tetap fokus dalam mengerjakan tugas demi menghindari kesalahan fatal yang bisa menyebabkan kerugian bagi dirimu sendiri.
  • Belajarlah berkomunikasi dengan atasan di tempat kerja dengan menjelaskan jadwal keseharian seperti apa, agar sobat bisa memperoleh waktu kerja yang fleksibel.
  • Dapat mengatur keuangan dengan baik, dengan membuat rincian belanja setiap bulannya. Hal ini berguna agar mulai belajar untuk tidak membuang – buang uang dan agar lebih teratur.

Nah itu tadi sedikit seluk beluk mengenal kuliah sambal kerja itu seperti apa dan tips nya gimana sih. Semoga nih buat sobat yang sekarang akan kuliah atau yang sedang kuliah bisa mempersiapkan lebih dini yaa.

“ku bahagia karena bisa mencicipi sedikit demi sedikit tetesan keringat kerja kerasku, semua berkat ku dan untukku, terimakasih waktu”

The following two tabs change content below.

Khania Pranisitha

Announcer at FBI Bali Radio
Si gadis yg selalu mengudara menemani pagi siang dan malamnya para anak muda pecinta musik2 hits masa kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.