NORMA – NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Telah dibaca 5.155 kali

Hallo adik-adik KLC, coba kalian ingat kembali dalam permainan sepakbola pasti ada aturan dan sanksi yang mengatur jalannya permainan. Iya, hampir dalam semua kegiatan manusia pasti ada aturan yang membatasi. Lalu apa fungsi aturan itu bagi kehidupan manusia? Dan aturan apa saja yang ada dalam kehidupan manusia? Ayo sekarang kita belajar tentang norma dalam kehidupan masyarakat!

norma dalam kehidupan masyarakat

Mari belajar dengan Video Pembelajaran dari KLC. Dijamin belajar bisa dimana saja dan tentunya lebih asik dan menarik. Pada bagian ini kita akan membahas materi mengenai Norma. Silahkan cermati materi dan video pembelajaran berikut ini .

Manusia sebagai mahluk sosial tidak pernah terlepas dari lingkungan masyarakat, karena manusia selalu berinteraksi dan membutuhkan orang lain. Masyarakat mempunyai kebutuhan dan kepentingan yang berbeda-beda. Hal ini dapat menimbulkan konflik serta kekacauan di dalam masyarakat. Maka dari itu, diperlukan aturan yang mengatur ketertiban masyarakat.

Sebenarnya apa norma itu?

Norma adalah seperangkat peraturan atau kaidah-kaidah yang menjadi pedoman atau petunjuk hidup manusia dalam bertingkah laku di masyarakat.

Norma-norma apa saja yang berlaku di masyarakat?

Di dalam kehidupan masyarakat dikenal empat macam norma, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Berikut ini penjelasan dari masing-masing norma tersebut.

1. Norma Agama

Pertama, Norma agama adalah aturan yang bersumber dari wahyu Tuhan atau kitab suci yang mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Tujuan norma agama adalah mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sembahyang yang rajin merupakan salah satu contoh pelaksanaan norma agama.

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah aturan yang bersumber dari hati nurani dan sanubari manusia dan sifatnya umum dan dapat diterima secara universal. Pelanggaran norma ini adalah perasaan yang berakibat penyesalan dalam diri. Sifat jujur atau tidak mencontek saat ujian merupakan salah satu contoh pelaksanaan norma kesusilaan.

3. Norma Kesopanan

Norma kesopanan adalah aturan yang bersumber dari pergaulan atau interaksi dalam masyarakat sehingga menjadi suatu kebiasaan. Maka pelanggaran norma kesopanan akan dikucilkan atau tercela oleh masyarakat lainnya. Menghormati dan berbakti kepada orang tua merupakan salah satu contoh pelaksanaan norma kesopanan.

4. Norma Hukum

Norma hukum adalah aturan yang dibuat oleh lembaga negara yang berwenang. Memuat perintah dan larangan yang bersifat memaksa bagi semua anggota masyarakat. Pelanggaran norma ini akan mendapatkan sanksi yang tegas. Menaati rambu lalu lintas dengan menyebarang di zebra croos merupakan salah satu contoh pelaksanaan norma hukum.

Jadi agar kalian lebih mudah membedakan antar norma tersebut, adik-adik dapat mengamati pada tabel berikut ini.

Nah itu dia ya norma-norma yang ada dalam masyarakat, selalu patuhi norma yang berlaku di masyarakat, agar kita hidup bahagia, damai dan sejahtera! Oh iya jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya ya! Yang pasti bisa menambah wawasan kalian loh hihi! 😀

Editor : -ND-

The following two tabs change content below.

Mr Putu

Tentor Pkn KLC Online

Latest posts by Mr Putu (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.