Bimbel Online, haruskah meninggalkan pembelajaran tatap muka?

Telah dibaca 37 kali

Bimbel Online – Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut segala bidang kehidupan harus menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Termasuk ke dunia pendidikan, teknologi dan gaya hidup mulai merubah pola pikir dan kebiasaan dalam proses belajar.

Sekarang bertemu gurupun bisa langsung dari tempat tidur?

Tidak seperti zaman belum ada komputer, gedget, dan jaringan internet, belajar terasa kaku hanya mengandalkan buku dan penjelasan guru. Namun sekarang semua informasi apapun yang kalian ingin pelajari / ketahui ada dalam genggaman kalian. Yang jelas harus punya kuota yaa.. hehehe

“Dahulu, 9 hal yang diketahui siswa berasal dari 10 hal yang diketahui gurunya. Namun sekarang siswa bisa mengetahui 11, 20, bahkan 100 hal yang tidak diketahui gurunya”

Gaya mengajar guru di sekolahpun sudah mulai menggunakan metode – metode pendekatan berbasis e-learning, karena belajar jadi lebih fleksibel, efektif dan efisien. Dengan hadirnya internet dan platform yang mengakomodir segala bidang kehidupan kita, belanja tidak harus ketokonya langsung, beli tiket nonton bisokop pun sekarang bisa langsung dari rumah, bahkan dewasa ini berkembang pesat belajar online yang tidak harus mempertemukan langsung antara guru dan siswanya.

Semua serba mudah, instan dan murah tentunya. Itulah mejadi landasan berkembang pesatnya teknologi untuk mempermudah segala segi kehidupan. Dengan pembelajaran melalui media online, siswa dapat menonton video – video pembelajaran lewat gadget mereka masing – masing. Siswa yang ingin mengkonsultasikan pelajarannya bisa langsung dari rumah, bahkan di tempat tidur masing – masingpun memungkinkan. Sungguh menakjubkan teknologi zaman sekarang kan?

Banyak kemudahan yang akan diperoleh, pembelajaran online intinya akan menyederhanakan beberapa faktor, utamanya faktor tempat dan waktu. Bahkan dengan semakin meningkatnya teknologi memungkinkan suatu saat nanti, pembelajaran berbasis online tidak hanya sebatas sebagai suplemen saja, namun akan menjadi kebutuhan primer setiap insan pendidikan.

Namun pertanyaan kemudian,

Apakah kita harus meninggalkan pembelajaran tatap muka langsung?

Sensai bertatap muka langsung

Secanggih apapun teknologi dewasa ini, sentuhan bertatapmuka langsung tetap memiliki aura yang berbeda. Kedekatan personal dan emosional antara sang guru dengan siswanya akan lebih muncul dan nampak, di banding hanya menonton video sang guru dalam menjelaskan sebuah materi. Via chating pun, tidak akan semaksimal jika mengkonsultasikan secara tatap muka langsung. Melalui video callpun tidak akan se”dapat” dibanding bertemu langsung.

Layaknya seperti pacaran, hehe. Serutin apapun berkomunikasi via chating, telpun, ataupun video call, tetap rindu akan terobati dengan bertatap muka langsung.

Pengalaman belajar tersebut sama halnya seperti mengeksporasi indahnya pemandangan di kala liburan. Coba bandingkan anda akan memilih datang langsung ke pantai untuk menikmati lautnya langsung atau memilih hanya menonton ombak pantai di youtube? Pilihan kalian jelas kan?

Melatih kedisiplinan dan membentuk karakter

Kita ketahui bersama dengan berkembang pesatnya internet dan sosial media, berdampak pada kehidupan sosial masyarakat dewasa ini. Anak – anak akan cenderung anti sosial, berkarakter lemah, kepedulian sosial lemah, karena kurangnya waktu untuk bersosilisasi dengan lingkungan dan orang – orang disekitarnya.

Tidak jarang kita melihat headline di forum diskusi yang membahas menurunnya karakter anak zaman sekarang. Sesuai visi pemerintah, pendidikan karakter. Maka dari itu sentuhan pendidikan karakter yang selalu diselipkan saat pembelajaran akan lebih maksimal jika diterapkan secara tatap muka langsung.

“Karakter seseorang diatas kemampuan intelektual orang tersebut”

Dengan fenomena pembelajaran online dimana kelebihannya bisa belajar kapan saja dan dimana saja, cenderung dapat mengakibatkan menurunnya disiplin siswa jika tidak memiliki karakter yang bagus. Tidak ada lagi latihan disiplin tepat waktu untuk masuk ke kelas, disiplin mengikuti jadwal, karena nyatanya disiplin tersebut harus di latih dan di biasakan.

Kajian Penulis: Sikap kami terhadap fenomena ini

Eits jangan dulu berkesimpulan bahwa penulis kontra dengan fenomena tersebut. Kami Bimbingan Belajar KLC tetap mendukung teknologi dan pembelajaran e-learning terus berkembang, karena nyatanya kehidupan ini memang memerlukan inovasi dan kreatifitas tanpa batas.

Namun jika ditanya haruskah meninggalkan pembelajaran bertatap muka langsung? Untuk sekarang , kami belum setuju sepenuhnya. Kecuali suatu saat nanti teknologi sudah mencapai tahap yang lebih menakjubkan, seperti yang di flim – flim hollywood, hehe. Wujud seseorang berupa hologram dan bisa saling berkomunikasi layaknya bertatap muka langsung, mungkin pertemuan tatap muka bisa digantikan dengan teknologi pada saat itu.

Lembaga Bimbel KLC tetap mendukung perkembangan pembelajaran e-learing hanya sebagai suplemen dari pembelajaran tatap muka langsung di kelas. Bimbel KLC sudah mengembangkan fasilitas konsultasi diluar jam dikelas , baik itu secara tatap muka langsung di meja konsultasi ataupun melalui media/platform online, yang kami sebut layanan Student Care.

Khusus untuk platform onlinenya berupa forum konsultasi pada web KLC. Jadi layanan ini free untuk seluruh siswa yang tergabung menjadi siswa KLC. Siswa bisa menanyakan permasalahan materi atau soal yang belum di mengerti lewat handphone masing – masing, dan akan di pandu oleh tentor – tentor pada bidangnya masing – masing. Jadi platform ini terus akan kami kembangan sebagai suplemen bagi siswa – siswa KLC agar mendapat pelayanan yang memuaskan.

Bagi siswa yang belum mengerti cara mengakses SC Online ini, bisa simak video tutorial berikut ini.

Sekilas tentang Fasilitas Konsultasi Online di Bimbel KLC

Silahkan buat akun kalian masing – masing dan manfaatkan layanan ini untuk mendukung pembelajaran kalian. Bisa kalian simak video cara membuat akun berikut ini

Cara Membuat Akun SC Online di web Bimbel KLC

Cara posting soal atau pertanyaan tentang materi yang belum kalian mengerti, tutorialnya seperti pada video berikut ini

Semoga bermanfaat

The following two tabs change content below.

Bagus Perdana

Seorang yang berusaha menuangkan idenya lewat tulisan yang sederhana dan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.