BUKU atau GADGET ?

Telah dibaca 266 kali

Tahukah kalian? Buku dan gadget merupakan sarana informasi yang dapat memuaskan rasa ingin tahu penggunanya. Pengguna buku atau gadget bisa memperoleh berbagai informasi yang mereka butuhkan dengan cara membaca.

Sadarkah kalian?

Belakangan ini penggunaan buku sebagai media informasi mulai tersisihkan akibat maraknya penggunaan gadget di masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari menurunnya tingkat pengunjung perpustakaan, dan menurunnya minat masyarakat dalam membaca buku.

Hal itu dikarenakan masyarakat mengganggap bahwa melalui gadget mereka juga mampu mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Mana lebih baik, mendapat informasi melalui buku atau gadget?

Jika kita bandingkan, penggunaan buku dan gadget sebagai sarana informasi sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

vocabulary

Manfaat dari menemukan informasi melalui buku, yaitu 1) meningkatkan kualitas memori, 2) mampu menstimulasi otak, 3) mampu melatih konsentrasi dan fokus, 4) serta mampu meningkatkan sosialisasi terhadap dunia luar. Akan tetapi, penggunaan buku sebagai sarana informasi juga memiliki kelemahan, yaitu setiap buku menyajikan informasi yang terbatas. Selain itu, buku juga kurang praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Sementara penggunaan gadget sebagai media informasi memang lebih efektif karena gadget mampu menyajikan berbagai informasi yang kita butuhkan selama tersambung dengan koneksi internet. Penyimpanan gadget untuk bepergian juga jauh lebih praktis. Akan tetapi, penggunaan gadget terlalu lama mampu menyebabkan kerusakan pada mata serta radiasi yang berasal dari gadget mampu meperlambat stimulasi otak.

Nah, setelah mengetahui perbandingan kedua media tersebut, kalian ada di pihak mana? Buku atau gadget?

The following two tabs change content below.

Suartika Putu

Tentor Bahasa Indonesia di Bimbel Krishna Learning Center

Latest posts by Suartika Putu (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.