Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Vocabulary

Telah dibaca 265 kali

Apakah kamu pernah berada diposisi tau dan mengerti sebuah percakapan namun sulit untuk membalas atau mengatakan sesuatu hanya karena keterbatasan dalam kosa kata (vocabulary)? Tentu sangatlah tidak nyaman apabila kamu terus menerus berada diposisi demikian. Ketika kamu mengerti dan ingin sekali menyatakan sesuatu yang rasanya sudah berada diujung lidahmu, namun ide-ide tersebut enggan untuk kamu utarakan hanya karena keterbatasanmu didalam mengetahui kosa kata. Permasalahan demikian adalah salah satu kendala yang kerap dialami oleh sebagian besar orang yang mempelajari ilmu Bahasa.

Apa itu vocabulary?

Kosakata atau Vocabulary (dalam Bahasa Inggris) merupakan salah satu kunci atau aspek terpenting selain empat skil dasar seperti kemampuan membaca, mendengar, berbicara dan menulis. Vocabulary merupakan komponen terpenting di dalam suatu kegiatan komunikasi. Ini merupakan aspek dasar di dalam komunikasi yang efektif. Jumlah kosakata dalam Bahasa Inggris tentunya tidaklah sedikit. Ada begitu banyak jenis kata yang harus seseorang ketahui dan pahami.

Kiat – kiat / Trik khusus

Setiap orang tentu memiliki trik atau kiat-kiat khusus untuk meningkatkan kemampuannya di dalam menambah kosakata. Ada dua hal yang secara tidak sadar merupakan sebuah pembelajaran sederhana bagaimana otak kita bekerja untuk menambahkan suatu kata baru di dalam memori kita. Pertama adalah suatu kata dapat kita ingat apabila kata tersebut memiliki kesan khusus bagi kita. Contohnya adalah ketika kita mendengar atau menggunakan suatu kata dari atau untuk merayu seseorang. Wah, jika kata tersebut sampai membuat kamu terngiang-ngiang tentu akan sangat mudah bagi mu untuk mengingatnya bukan. Kedua adalah apabila kata tersebut kerap atau berulang-ulang kita temui. Pengulangan akan membantu otak kita mengingat sesuatu dengan baik. Selain dua hal diatas masih ada beberapa cara lain yang juga dapat membantu kamu untuk menambah dan memperkaya kosakatamu loh. Yuk simak bareng-bareng tips-tipsnya!

Menghapal kosakata

Menghapal kosakata adalah salah satu cara klasik yang digunakan seseorang guna menambah kemampuannya didalam mengingat kosakata.

Bahkan trik ini kerap direkomendasikan atau diterapkan oleh tenaga pengajar disekolah-sekolah hingga perguruan tinggi loh. Caranya adalah kamu dapat memilih berrapa jumlah suku kata yang ingin kamu hapalkan perharinya sesuai dengan kemampuan dan daya ingatmu. Mulai dari 10 sampai 20 kata atau lebih dalam sehari. Namun, jangan lupa untuk menggunakannya secara berulang-ulang ya. Seperti tips diatas tadi loh!

Membaca

Ada yang hobi baca? Nah, yang baca artikel ini sih kayaknya suka baca. Semoga aja deh. Ok. Pernah dengerkan membaca itu menambah wawasan dan ilmu. Yups, bener banget. Ini berlaku dalam setiap hal loh.

Jadi dengan rajin membaca buku-buku atau bacaan berbahasa Inggris kamu akan familiar dengan kata-kata baru. Tentunya otakmu akan bekerja dengan ajaibnya sehingga tanpa kamu sadari kamu akan memahami beberapa kosakata baru dengan membaca bacaan berbahasa inggris. Tapi jangan males buka kamus ya! Baca buku Bahasa Inggris tentu perlu kamus guys. Kayak kopi dan gula gitu. Harus komplit keduanya. Jadi kamu ga tersesat baca bukunya. Karena satu kata aja bisa merubah banyak makna loh.

Menonton

Kegiatan berfaedah lain yang juga bisa sekalian nambah wawasan vocabularymu adalah dengan menonton. Nonton yang berbahasa Inggris tentunya guys. Nah, jika kamu suka menonton film, gak ada salahnya dong sekalian belajar.

Caranya adalah download subtitlenya. Jangan cuman  yang Bahasa Indonesia. Download juga yang Bahasa Inggris guys. Jadi kamu bisa belajar secara bertahap. Mulai dari yang Berbahasa Indonesia, kemudian Inggris dan setelahnya tanpa subtitle. Bisa kamu atur sendirilah sesuai kebutuhan Karena tentunya kemampuan masing-masing orang berbeda-beda. Ini tidak hanya akan menambah bekal kosakatamu namun juga melatih skil mendengarmu.

Game

Selanjutnya adalah lewat game. Tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahwa banyak gamers yang jago atau tertarik belajar Bahasa Inggris karena mereka asik didunia game. Yups. Game memiliki manfaat tersendiri bagi beberapa pihak.

game matematika

Selain untuk hiburan, game juga bisa menjadi tempat belajar bagi beberapa pecintanya. Karena hampir sebagian besar game lebih condong menggunakan Bahasa Inggris. Mau tidak mau para peminatnya akan belajar Bahasa Inggris tanpa disadarinya. Wah, menyenangkan sekali ya bisa belajar sambil bermain. Oh ya, game itu beraneka ragam loh. Bukan hanya game online yah. Game didalam pembelajaran pun banyak yang sengaja diperuntukaan untuk menambah kemampuan siswa didalam Bahasa inggris terlebih vocabulary.

Lagu

Selain game, hal lain yang juga dapat membuat kita belajar Bahasa inggris dengan cara menyenangkan adalah lewat lagu. Didalam kelas-kelas Bahasa inggris game dan lagu adalah cara sederhana yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan Bahasa seseorang.

Lagu dapat membuat seseorang belajar dengan baik karena lagu membuat pelajaran lebih mudah. Selain itu dengan bernyanyi, kita akan lebih mudah untuk menghapalkan suatu lirik dan tentunya aka nada kesan tersendiri bagi setiap individu. Lewat lagu dan lirik-lirik yang menarik, seseorang akan belajar dengan baik dan menyenagkan. Selain itu hal ini juga menambah kemampuan mendengarkan (listening).

Beberapa hal diatas merupakan beberapa tips dan trik yang terbukti dapat membantu seseorang untuk menambah pengetahuannya mengenai vocabulary. Tentunya setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Semoga salah satunya dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih~

Sumber Gambar : www.pexels.com

The following two tabs change content below.

Tressya Susanti

Tentor Bahasa Inggris di Bimbel Krishna Learning Center

Latest posts by Tressya Susanti (see all)

2 Replies to “Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Vocabulary”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.