Kuliah Gratis, Mungkinkah?

Telah dibaca 163 kali

Menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi sudah menjadi keharusan bagi banyak siswa yang baru menyelesaikan pendidikannya di tingkat SMA/SMK. Namun, banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk langsung bekerja. Mengapa?? alasan yang paling sering muncul yaitu terkendala pada biaya kuliah yang mahal. Selain itu, banyak anggapan bahwa keterampilan lebih penting dibangdingkan ijazah.

Menurut banyak orang kuliah hanya membuang-buang waktu saja dan pada akhirnya peluang mencari kerja juga susah walaupun sudah berbekal ijazah perkuliahan. Hidup itu penuh pilihan, tidak disalahkan jika anda memiliki keputusan sendiri untuk lanjut kuliah atau langsung terjun ke dunia kerja. Namun, perlu diketahui bahwa dengan menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan, anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik tentunya dengan standar gaji yang lebih tinggi.

Nah, tidak dipungkiri lagi bahwa banyak orang tergiur untuk bekerja dengan gaji yang lebih tinggi tapi masih terkendala pada tingkat pendidikannya. Pertanyaan yang mungkin terbesit dalam pikiran anda,

Mungkinkah kita dapat kuliah tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun??? -kuliah gratis-

Jawabannya MUNGKIN, karena banyak kemungkinan yang bisa terjadi pada setiap orang. Apalagi sudah banyak perguruan tinggi yang menawarkan berbagai beasiswa mulai dari beasiswa prestasi hingga beasiswa untuk kalangan kurang mampu. Beasiswa berprestasi bisa anda peroleh, tetapi diperlukan perjuangan ekstra seperti harus berprestasi tingkat nasional (atau lebih tinggi). Sehingga anda dapat direkrut oleh perusahaan untuk disiapkan bekerja di perusahaan tersebut, atau bisa saja dengan cara lain. Lain halnya dengan beasiswa kurang mampu biasanya lebih berfokus pada beasiswa Bidik Misi yaitu beasiswa yang diberikan oleh Kemenristek Dikti. Kemungkin kuliah 100% gratis bisa saja terjadi, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

  • Mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Berkas-berkas persyaratan beasiswa bidikmisi harus secara jujur. Dimana menyatakan keadaan ekonomi keluarga dan tidak ada manipulasi apapun sehingga tidak menimbulkan permasalahan untuk kedepannya.
  • Lolos kelayakan penerima bidikmisi.
  • Lolos masuk perguruan tinggi.
  • Memanfaatkan uang saku bulanan yang diberikan dari Dikti sebaik-baiknya sehingga dapat memenuhi kebutuhan anda selama kuliah.

Walaupun sudah ditawarkan beasiswa bidikmisi mungkin anda masih mempunyai keraguan,

Apakah benar 100% gratis??

Iya, dengan beasiswa bidikmisi anda bisa kuliah gratis dalam artian tidak membayar uang kuliah tunggal (UKT) atau biaya kuliah apapun. Biaya UKT yang seharusnya dibayarkan oleh mahasiswa setiap semester akan ditanggung oleh pemerintah. Selain itu, biaya hidup juga dibantu oleh pemerintah dengan memberikan uang saku setiap bulannya dengan nominal yang berbeda-beda setiap perguruan tinggi. Namun, ada beberapa biaya yang mungkin anda keluarkan seperti biaya hidup tambahan (apabila masih kurang) dan biaya terdesak lainnya. Biaya hidup bisa saja kurang, tetapi apabila anda mempergunakan bantuan bidikmisi secara efektif maka hal ini tidak akan berdampak terlalu berat. Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi sebaiknya anda menyisihkan uang saku bulanan anda dan ditabung sehingga dapat menutupi biaya lainnya. Oleh karena itu, dengan mencari peluang beasiswa anda mempunyai kemungkinan yang sangat besar untuk kuliah gratis sehingga tidak membebani orang tua lagi.

Ditulis oleh : Ms Ria (Kimia)

The following two tabs change content below.

Komang Ariani

Tentor Kimia di Bimbel Krishna Learning Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.