Istilah ‘Rambut’ dan ‘Bulu’ yang Tertukar

Telah dibaca 861 kali

Hay, sobat viewer. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi informasi yang cukup unik mengenai dua istilah yang tertukar. Informasi ini juga dapat menambah wawasan anda seperti topik pembahasan penulis sebelumnya mengenai ‘kuliah gratis’. Selain itu ada juga pembahasan serupa pada tulisan lainnya, yaitu mengenai istilah Pedagang Kaki Lima yang membahas mengenai kesalahan pemakaian istilah.

Bulu dan rambut, saya yakin anda tidak asing lagi dengan dua istilah tersebut. Seringkali kaum wanita terbiasa mencukur/mencabut bulu ketiak demi alasan kecantikan atau semata-mata ingin meningkatkan rasa percaya diri. Namun sebelumnya, apakah yang biasa mereka cukur/cabut itu benar disebut bulu? Atau mungkin saja selama ini mereka salah sebut? Yupss, benar sekali. Selama ini yang anda sebut sebagai bulu yang tumbuh pada tubuh anda ternyata disebut rambut. Manusia sesungguhnya sama sekali tidak mempunyai bulu, melainkan hanya mempunyai rambut, seperti: rambut ketiak, rambut kaki, rambut tangan, rambut mata, rambut hidung, dan  lainnya.

Anda mulai tidak  percaya?? Mari cari pembuktiannya!!

Kalau anda menganggap yang anda cukur pada ketiak disebut sebagai bulu, lantas mengapa yang anda cukur pada kepala disebut sebagai rambut?? Mengapa tidak disebut sebagai bulu kepala?? Coba anda amati sekilas, keduanya mempunyai bentuk yang sama dan umumnya berwarna hitam. Nah, sekarang baru terlihat bahwa selama ini anda sudah keliru menggunakan dua kata tersebut. Uniknya lagi, hal ini dianggap wajar padahal antara rambut dan bulu memiliki perbedaan yang signifikan.

Sebenarnya, apa sih bedanya bulu dengan rambut??

istilah

Bulu memiliki struktur yang kedap air sehingga sering anda jumpai pada permukaan tubuh burung dan unggas. Bentuk bulu biasanya menyirip dan warnanya juga bermacam-macam. Lain halnya dengan bulu, rambut mempunyai bentuk kurus dan meruncing. Rambut dominan berwarna hitam walaupun terdapat warna cokelat dan putih. Biasanya rambut tumbuh pada mamalia termasuk manusia. Walaupun sama-sama memiliki rambut, tetapi ada beberapa hal yang membedakan antara rambut manusia dengan hewan mamalia. Rambut manusia terasa lebih lembut, dibandingan dengan hewan mamalia. Coba saja anda rasakan ketika anda mengelus rambut anda sendiri, dengan mengelus rambut kucing atau anjing peliharaan anda. Jelas sekali rasanya akan berbeda bukan.

Bagaimana istilah bulu dan rambut dalam Bahasa Inggris?

Selain dilihat dari anatominya, penggunaan istilah bulu dan rambut dalam bahasa inggris juga berbeda. Istilah rambut yang merujuk pada manusia digunakan kata ‘hair’, sedangkan hewan biasanya ‘fur’ . Sementara, istilah bulu yang merujuk pada hewan burung atau unggas menggunakan kata ‘feather’.

Nah, sekarang sudah jelas bukan perbedaan antara bulu dengan rambut. Usahakan jangan sampai salah sebut lagi yaa. Namun, kebiasaan masyarakat yang sering menukar istilah rambut dengan bulu memang susah untuk dirubah. Meskipun begitu anda tetap harus mengetahui bahwa yang ada di tubuh manusia disebut rambut bukan bulu. Demikian ulasan mengenai istilah rambut dan bulu yang tertukar. Semoga tulisan ini dapat memperbaiki kekeliruan anda selama ini. Ingatlah bahwa kesalahan akan membelajarkan anda untuk menjadi yang lebih baik, seperti yang diungkapkan oleh Confusius,

“Orang yang tak pernah mencicipi pahit,  tak akan tau apa itu manis”.

The following two tabs change content below.

Komang Ariani

Tentor Kimia di Bimbel Krishna Learning Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.