Antara Bunga Bangkai dengan Rafflesia. Panggil Aku Padma !

Telah dibaca 204 kali

Indonesia merupakan Negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi dengan keunikan tersendiri sehingga tidak heran jika Negara kita ini  dikenal dengan sebutan megadiversity country. Keunikan tersebut diantaranya yaitu adanya beberapa jenis tumbuhan yang hanya bisa dijumpai pada daerah tertentu saja, yang dikenal dengan istilah endemik. Salah satu tumbuhan endemik yang ada di Indonesia yaitu Rafflesia arnoldii. Jika seseorang mendengar nama bunga tersebut yang langsung ia pikirkan pastilah bunga bangkai.

Bagaimana dengan pembaca?

Ketahuilah bahwa yang ada dipikiran tersebut tidaklah benar. Mengapa?

Karena bunga bangkai dan Rafflesia arnoldii merupakan bunga yang berbeda atau berbeda spesies walaupun keduanya memiliki bau yang sama. Bau busuk  yang dikeluarkan oleh kedua bunga ini bertujuan untuk menarik perhatian serangga untuk proses penyerbukan. Di Indonesia bunga bangkai adalah nama lokal untuk Amorphophallus titanum sedangkan Rafflesia arnoldii dikenal dengan sebutan bunga padma.

Amorphophallus titanum merupakan tumbuhan dari suku Araceae. Memiliki batang, daun dan bunga, mengalami dua fase yaitu fase vegetative dan fase generative. Saat fase vegetatife di atas umbi akan muncul batang dan kemudian daun. Sedangakn saat fase generatife akanmuncul bunga. Bunga ini juga dikenal dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Bunga majemuk maksudnya adalah bunga yang tumbuh menggerombol pada batang yang sama.

Rafflesia arnoldii adalah tumbuhan dari suku vitaceae. Tumbuhan ini tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotositesis dan mendapatkan nutrisi dari pohon inangnya, memiliki benang sari dan putik yang digunakan sebagai alat perkembangbiakan. Alat perkembangiakan tersebut terletak di dasar bunga. Tumbuhan ini dikenal mempunyai bunga tunggal terbesar di seluruh dunia.

Dengan adanya artikel ini diharapkan pembaca dan masyarakat Indonesia tidak salah menafsirkan antara bunga bangkai dan bunga Rafflesia arnoldii. Dalam pelajaran biologi telah dijelaskan mengenai klasifikasi mahluk hidup, sekarang coba diperhatikan jenis bunga Amorphophallus titanum dan Rafflesia arnoldii, kata pertama menunjukkan genus dan kata kedua menunjukkan spesies dari kedua kata tersebut tidak ada yang menunjukkan kesamaan sehingga dapat diketahui bahwa tumbuhan tersebut berbeda, jadi jangan sampai salah dan mengatakan bahwa bunga bangkai dan Rafflesia arnoldii itu bunga yang sama.

Semoga Indonesia tetap dikenal sebagai Negara megadiversity country, mari bersama menjaga kelestarian alam untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Ditulis oleh : Ms Yuni (Biologi)

The following two tabs change content below.

Novi Yuniari

Tentor Biologi di Bimbel Krishna Learning Center

Satu Balasan untuk “Antara Bunga Bangkai dengan Rafflesia. Panggil Aku Padma !”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.