Mengenal Diri Sendiri Lewat “Self-Introduction” Yuk Simak Tipsnya!

Telah dibaca 4 kali

Hello, Learning Lovers, pasti diantara kalian sudah pernah pastinya memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, ya ngga? Biasanya kosa kata apa saja yang kalian pakai? Apa saja dari diri kalian yang kalian kenalkan ke orang lain? Mungkin kelihatannya sepele; namun bagi sebagian orang, memperkenalkan diri sendiri akan terasa begitu sulit, terutama saat diminta menggunakan Bahasa Inggris yang bukan bahasa ibu bagi sebagain besar orang Indonesia. Sebelumnya kalian harus mengenal diri sendiri dulu. Nah dalam pembahasan kali ini, KLC bakalan ngasi beberapa tips nih buat kalian, gimana caranya memperkenalkan diri yang sederhana namun padat isinya.

Sebelum memulai mengenal diri ke orang lain, alangkah baiknya kalian mengutarakan terlebih dahulu maksud kalian. Kalimat pembukaan yang biasa dipakai adalah “I would like to introduce myself”. Tujuannya apasih, kok gak to the point aja? Nah ini penting lo sebenernya, untuk memudahkan pendengar mengetahui maksud dan tujuan kita berbicara dari awal itu apa.

Aspek yang diungkapkan dalam memperkenalkan diri

Setelah itu, ada beberapa aspek yang biasanya diungkapkan dalam mengenal diri ke orang lain, diantara adalah:

mengenal diri sendiri
  1. Name (Nama)
  2. Nick Name (Nama Panggilan)
  3. Address (Alamat)
  4. Age (Usia)
  5. Profession (Profesi)
  6. Hobby (Hobi/Kegemaran)
  7. Your Strengths (Hal-hal baik tentangmu, biasanya bersifat opsional)

1. Name

Dalam memperkenalkan nama, kalian bisa menggunakan kosa kata

  • My name is ….(Nama saya….)” atau
  • I am….(Saya….)”.

Biasanya orang-orang makenya my name is…. sih, kalau kalian gimana ayo?

2. Nick Name

Kalau memperkenalkan nama panggilan, bisa menggunakan:

  • “My nick name is….(Nama panggilan saya adalah….)
  • “You can call me…. (Anda dapat memanggil saya…..).

3. Address

Nah, selanjutnya kalian bisa bilang kalian dari mana alias alamat kalian. Biasanya, kosa kata yang digunakan itu ada

  • “My address is…. (Alamat saya adalah….)”
  • “I am from…. (Saya berasal dari….)” 
  • “I live in/on…. (Saya tinggal di….)
  • “I am staying at…. (Saya sedang menetap di)”.

Eitss! ada yang sadar gak, kok ada beberapa cara sih nyampein alamat?

  • Nah, jadi kalau kalian make “In” kaya “I live in”, kata selanjutnya itu biasanya menggunakan tempat yang cenderung masih umum. Misalnya, I live in Jakarta, I live in Denpasar, atau I live in America. Masih begitu umum, enah Jakarta manaan, Denpasar manaan, America manaan, intinya kita tinggal disana deh, kaya gitu.
  • Kalau make “On”, kaya “I Live On”, biasanya kita ingin menunjukkan sesuatu yang lebih khusus, Nama Jalan Misalnya. Contohnya adalah “I live on Merak Street no. 11, Surabaya.”
  • Kalau make “At”, Kaya “I am staying at….”, itu tujuannya untuk menunjukkan tempat yang sangat detail. Misalnya kaya perumahan mana, atau bangunannya apa. Contohnya tu “I am staying at Agung Hotel, Semarang.”

Jadi, kita punya “in” untuk tempat yang masih sangata umum, “on” untuk tempat yang lebih spesifik, dan “at” untuk tempat yanag sangat detail dimana.

4. Age

       Kalian umur berapa nih sekarang? Dalam mengenalkan umur, kalian bisa menggunakan:

  • “My age is…years old. (Usia saya adalah … tahun).”
  • I am … years old (Saya berusia …tahun.)”

Kadang kala, ada beberapa orang yang juga menanyakan tanggal lahir kalian. Untuk mengenalkannya, kalian bisa bilang “I was born on…..(Saya lahir pada…..)”.

5. Profession

      Ada yang masih bingung bedanya profesi dan pekerjaan? Coba sekarang bayangkan seorang ojek online, apa aja yang dilakukan? Bisa jadi mengantar penumpang, mengantarkan pesanan makanan, dll bukan? Nah yang mana jadinya yang profesi, yang mana yang pekerjaan? Jadi, Profesi itu Nama/Gelarnya, kaya dokter, guru, driver, dll. Sedangkan, pekerjaan adalah apa yanag dilakukan, seperti mengobati pasien, mengajar, mengemudi dll. Jangan Bingung lagi ya!
Dalam menyampaikan profesi kalian, kalian bisa bilang:

  • “My profession is…. (Profesi saya adalah)
  • “I work as …. (Saya bekerja sebagai)

Tapi nih, kalau kalian masih berstatus pelajar, kalian bisa bilang aja kalau kalian itu pelajar. Caranya adalah “I am a student at …(Saya adalah siswa dari …*isi sekolah apa)”.

6. Hobby

       Kalian gemar ngapaen nih? Kalau menyampaikan hobi, kalian bisa menyampaikannya dengan cara berikut:

  • “My hobby is…(hobi saya adalah …*hanya sebutkan 1)”
  • “My hobbies are…(hobi saya adalah *kalau hobinya lebih dari 1)”
  • I am interesting in …(Saya tertarik/gemar pada….)”

7. Your Strengths

       Kalau ditanya apa saja yang bagus darimu, pasti pada susah kan jawabnya? Ya kalau bilang buruknya kita mah gampang, kaya males, cerewet, suka nunda wadaw. Kita kadang susah memuji diri kita sendiri dan jadi tidak tau sebenarnya saya baik dalam hal apa. Dari sekarang, coba deh pikirin kamu itu orangnya gimana! Apakah kamu itu orangnya friendly (ramah), discipline (disiplin), atau yang lain? Mulailah mengenal dirimu sendiri ya sebelum kamu mengenalkan diri ke orang lain. Kadang juga, kamu bisa mengenalkan kalau kamu baik dalam hal apa, entah itu memperbaiki sesuatu, bergaul, atau yang lain. Atau, kamu juga bisa mengenalkan prestasi-prestasimu selama ini nih kalau ada. Tujuannya adalah agar orang lain itu tau kamu itu sebenarnya gimana sih dari sudut pandangmu sendiri. Ini juga memberikan kesan kalau kamau orang yang terbuka lho! Kamu dapat menggunakan kata-kata berikut:

  • “My achievement is….(Prestasi saya adalah)”
  • “I am a …. (Saya seseorang yang….*isikan sfat baikmu)”
  • “I am good at…. (Saya pintar dalam…. *isikan kamu bisa apa saja)”

Sekian Tips mengenal diri ke orang lain

Nah, jadi gitu tuh caranya memperkenalkan diri ke orang lain. Setelah selesai, kalian bisa tutup tuh perkenalan kalian dengan berterima kasih, alias “Thank You.” Setelah kalian tau apa-apa saja yang bisa kalian kenalkan tentang diri kalian ke orang lain, berikut ini adalah contohnya nih secara lengkap:

“Hello, I would like to introduce myself. I am John Peter. You can call me Peter. I am from Mexico. I am 21 years old. My hobby is reading. I am a student at Harvard University. I am a discipline person and I am good at speaking. Thank You.”  

Oh ya satu lagi, dalam memperkenalkan diri, kalian bisa menambahkan hal-hal lain yang selain 7 hal diatas. Selain itu, kadang juga kalian cukup mengenalkan nama kalian saja kalau yang lain adalah hal yang bersifat privasi (orang lain tidak begitu perlu tau). Kalian bisa sesuaikan dengan situasi dan kondisi kalian ya! Untuk artikel tips lainnya bisa kalian check disini

Editor : -NR-

The following two tabs change content below.

Mr Yoga

Tentor Bahasa Inggris di KLC Bangli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.