Perawatan Gigi ke Dokter Gigi Era Pandemi : Tak Perlu Resah Karena Standar Keamanan Tinggi

Telah dibaca 8 kali

Dokter gigi ditetapkan sebagai salah satu profesi beresiko tinggi terkait dengan penyebaran infeksi virus Covid19. Tingginya aerosol dan kontak dengan saliva pasien dikhawatirkan menimbulkan infeksi silang dan menimbulkan kluster baru untuk infeksi virus biang pandemi ini. Keresahan masyarakat pun tidak dapat dihindari sehingga memilih untuk menghindari perawatan ke dokter gigi walaupun giginya sakit.

dokter gigi

Tapi masyarakat sesungguhnya tidak perlu khawatir karena untuk menyikapi kondisi pandemi, berbagai regulasi sudah dibuat dan diterapkan untuk melindungi masyarakat. Tak terkecuali untuk kedokteran gigi, berikut ulasannya.

APD kelas III untuk tindakan resiko tinggi

Yang dimaksud sebagai tindakan resiko tinggi adalah semua bentuk perawatan kedokteran gigi yang melibatkan kontaminasi darah, droplet saliva dan aerosol tinggi. Mungkin KLC reader semua pernah menonton TV dan melihat para petugas medis memakai baju layaknya astronot? Ya itulah APD atau alat proteksi diri kelas III yakni APD dengan tingkat keamanan tinggi untuk melindungi operator dan pasien yang meliputi masker N95 atau ekuivalen, gown, pelindung mata, sarung tangan steril sekali pakai, headcap, apron, dan sepatu pelindung.

Disinfeksi ruangan

Ruang tempat perawatan tempat pasien dan dokter gigi berkontek akan selalu didisinfeksi untuk mencegah transmisi infeksi sehingga dengan standar keamanan tinggi tersebut memperkecil kemungkinan transmisi infeksi.

Pengaturan waktu pertemuan pasien

Waktu pertemuan pasien dapat diatur  sehingga membatasi kontak bertemu antara pasien satu dengan pasien lainnya.

Maka dari itu janganlah takut memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi. Menunda perawatan kemungkinan akan semakin memperburuk kondisi kesehatan gigi dan mulut sehingga apabila terlanjur parah gigi belum tentu dapat dipertahankan. Ingatlah lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Semoga KLC reader semua selalu dalam keadaan sehat dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya ya

Salam saya, Abi

Nah jadi untuk KLC reader yang sedang mengalami sakit gigi tidak perlu takut untuk ke dokter gigi ya karena dijamin aman dengan mengikuti protokol kesehatan. Oh iya jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya yang pastinya menarik banget dan menambah wawasan kalian loh! 😀

Editor : -ND-

The following two tabs change content below.

Abigail Larasati

Mahasiswa Kedokteran Gigi at Universitas Mahasaraswati Denpasar
Seorang gadis yang menulis untuk berbagi dan menginspirasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.