Siklus Air dan Peranannya Dalam Kehidupan Kita Sehari-hari

Telah dibaca 0 kali

Siklus air dan peranannya dalam kehidupan kita sehari-hari, hal ini yang akan kita bahas hari ini. Makhluk hidup selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Air menjadi salah satu sumber penghidupan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. Begitu besarnya kebutuhan manusia akan air. Air senantiasa tersedia di bumi sehingga kita harus selalu bersyukur. Nah, untuk mengetahui bagaimana air bisa selalu tersedia di bumi, yuk kita simak penjelasan berikut!

Mengapa air selalu tersedia di bumi?

Air selalu tersedia di bumi karena air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terus-menerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Perhatikan skema proses siklus air , perhatikan gambar di bawah ini!

Di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Bagaimana Hujan Bisa Terjadi?

Setelah melewati proses kondensasi. Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di laut. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.

Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, misalnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai dapat menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air laut dan tumbuhan. Proses siklus air pun terulang lagi.

Pentingnya Air Bagi Kehidupan.

Seperti yang sudah kita ketahui, air merupakan salah satu sumber kehidupan yang penting bagi mahkluk hidup di bumi. Nah, bisa kalian bayangkan jika di bumi tidak ada sumber air yang memadai apa yang akan terjadi?. Berikut ini adalah contoh pemanfaatan air oleh makhluk hidup.

  1. Air diserap ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan
  2. Air mengalir ke sungai dan dimanfaat oleh ikan, udang dan makhluk hidup yang ada di sungai
  3. Air yang ada di dalam tanah dimanfaatkan manusia untuk minum, mencuci, mandi dan lain-lain
  4. Air berguna untuk menjaga kelembabaan, suhu dan iklim
  5. Air berguna untuk pembangkit listrik .

Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari air. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan air. Satu tindakan penghematan air yang kalian lakukan akan membantu air tetap tersedia di bumi.

Nah, dari proses siklus air itu dapat disimpulkan bahwa sebenarnya jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.

Referensi:

Kusumawati Heny. 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Lingkungan Sahabat Kita Teamtik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Buku Siswa. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.

Kusumawati Heny. 2017. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Lingkungan Sahabat Kita Teamtik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas V Buku Guru. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.

Nah jadi sekarang kalian sudah tau ya betapa pentingnya air untuk kehidupan kita. Oh iya, jangan lupa membaca artikel kami yang lainnya yang sudah pasti akan menambah wawasan kalian ya hihi!

Editor : -ND-

The following two tabs change content below.

Ms Sintya

Latest posts by Ms Sintya (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.