“ Tercyduk ” Mewarnai Hariku

Telah dibaca 91 kali

Satu kata yang khas sering kali mewakili satu peristiwa atau fenomena tertentu. Seperti, blusukan, hoax, dan tercyduk.  Beberapa waktu terakhir, hari-hari kalian dipenuhi dengan kata “Tercyduk”. Tidak hanya saat ngobrol bersama teman dan orang terdekatmu, kini penggunaan kata “tercyduk” semakin ngetrend. Mulai dari tweet, status, komentar, caption, bahkan judul-judul berita pun dihiasi oleh kata “tercyduk”.  Mungkin saja kalian sendiri juga sering menggunakan kata yang lagi hits ini. Kalian sudah tahu belum apa sih arti dari kata “tercyduk” ini?

Apakah arti Tercyduk?

Tercyduk bagi yang baru pertama kali mendengar pasti bertanya-tanya, apa sih arti dari kata gaul ini? Meskipun, kata ini mungkin sudah sering digunakan untuk membalas komentar atau status sosmed kalian. Kata “tercyduk” mempunyai kata dasar ciduk, yang sering digunakan oleh pihak kepolisian. Misalnya “Polisi berhasil menciduk copet yang kerap meresahkan warga”. Sekarang kata ini sering dijadikan oleh netizen sebagai bahan sindiran untuk orang yang tertangkap basah melakukan hal yang memalukan. Contohnya saat ketahuan berpacaran dengan seseorang secara diam-diam. Tidak jarang ada komentar pedas pada kasus semacam ini, seperti “Mampus lu kecyduk!”.

BALI, INDONESIA – OCTOBER 12, 2017: Couple of happy tourists in outdoors cafe

Menurut KBBI kata “tercyduk” tidak ditemukan, berarti kata ini tidak termasuk dalam bahasa Indonesia. Namun, jika kata “tercyduk”, ditulis dengan mengganti huruf ‘y’ menjadi ‘i’, maka kata ini ada dalam KBBI. Kata terciduk berasal dari kata dasar ciduk, artinya benda yang biasanya digunakan untuk mengambil air yang dahulu berasal dari tempurung kelapa yang diberi tangkai untuk pegangan. Sementara kata menciduk atau terciduk memiliki arti kiasan yang berarti menangkap. Istilah ini sering digunakan oleh aparat ketika menangkap tersangka dalam suatu kasus. “Banyak artis yang tercyduk pesta narkoba”.

Lalu, mengapa I bisa diganti menjadi Y??

Siapakah yang menulis kata terciduk menjadi tercyduk pertama kali? Lalu mengapa kata terciduk, huruf ‘i’ pada tengah kata diganti menjadi ‘y’? Entahlah, ada yang berasumsi bahwa huruf ‘i’ sengaja diganti dengan y agar lebih menarik. Padahal arti dan maknanya tetaplah sama tidak ada yang berubah, tertangkap atau ketahuan. Bahkan belakangan ada yang menulis tercyduk dengan tercyduck. Jika tidak, marilah kita berpositif thinking kalau perubahan huruf dari ‘i’ ke ‘y’ di tengah kata ini adalah awal dari typo.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian menjawab arti kata tercyduk. Hati-hati menggunakan kata ini agar tidak tercyduk….

The following two tabs change content below.

Arik Sinthia

Tentor Bahasa Indonesia di Bimbel Krishna Learning Center

Latest posts by Arik Sinthia (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.