Kandungan, Jenis dan Manfaat Madu untuk Kesehatan

Telah dibaca 1.327 kali

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Kebanyakan mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu karena rendahnya aktivitas air yang terdapat pada madu.

Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

APA KANDUNGAN NUTRISI PADA MADU?

Madu telah dikenal sejak dahulu memiliki banyak kandungan nutrisi yang tinggi, lengkap dan seimbang yang baik untuk tubuh manusia. Kandungan nutrisi dalam madu sangat bervariasi tergantung pada asal nektarnya. Dengan pengolahan yang tepat, madu dapat memiliki nilai nutrisi yang tinggi.

Analisa kandungan madu secara umum:

Fruktosa: 38.2%

Glukosa: 31.3%

Maltosa: 7.1%

Sukrosa: 1.3%

Air: 17.2%

Gula paling tinggi: 1.5%

Abu (analisis kimia):0.2%

Lain-lain: 3.2%

Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kg per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air.

Sesuai hasil analisa kimia salah satunya adalah Glukosa yang merupakan jenis gula monosacharida yang mudah diserap di dalam usus tanpa membutuhkan proses pemecahan, bahkan di dalam penatalaksanaan medis, glukosa sering langsung disuntikkan ke dalam pembuluh darah, itu menandakan bahwa glukosa merupakan senyawa yang sudah sesuai dengan sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Berbeda dengan gula pasir yang merupakan jenis gula disacharida, tidak dapat langsung diserap ke dalam darah, melainkan harus dipecah terlebih dahulu menjadi monosacharida di dalam usus halus. Sehingga madu dapat dengan cepat memulihkan tenaga dan cocok untuk penderita gangguan fungsi hati.

Berbagai mineral yang ada didalam madu yaitu: Vitamin A; Beta Caroten; Vitamin B Kompleks; Vitamin C, Phospor, Zat besi, Kalsium, Klorida Kalium, Yodium, Natrium, Tembaga dan Mangan. Selain kandungan tersebut, madu juga mengandung enzim-enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme di dalam tubuh. Protein, asam organik, hormon dan senyawa antimikroba berkhasiat sebagai antibiotika.

Madu dengan kandungannya memiliki sifat stimulan secara langsung yaitu, memperbaiki selera makan, membantu proses pencernaan makanan-makanan lain. Madu dapat bekerja dan mempengaruhi langsung sistem pertahanan tubuh (imunitas tubuh), sistem pembetukan sel darah merah sebagai penetral zat racun di dalam tubuh, dan berkhasiat sebagai antibiotika. Madu memiliki sifat emolient (sebagai emulsi). Karena sifat dan daya kerja terhadap hampir semua sistem didalam tubuh maka tidaklah mengherankan kalau madu dapat berkhasiat selain untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit, juga untuk membantu proses penyembuhan penyakit.

APA SAJA JENIS-JENIS MADU?

Walaupun terbilang memiliki tampilan yang sama, ternyata madu mempunyai beragam jenis yang berbeda nama. Jenis-jenis madu tergantung dari sumber

Madu alfafa

Madu yang berasal dari bunga ungu alfafa. Warnanya terang dengan wangi dan rasa yang tak terlalu menyengat

Madu alpukat

Madu yang dikumpulkan dari bunga alpukat. Warnanya gelap dan rasanya kaya akan lemak.

Madu blueberry

Madu yang diambil dari bunga putih blueberry. Warna madunya kuning kecokelatan muda dengan rasa yang enak. di dunia, madu ini diproduksi di Inggris dan Michigan.

Madu clover

Madu clover memiliki rasa yang enak dan tidak terlalu tajam, berasal dari bunga clover. Warnanya bervariasi dan bening seperti air hingga kuning kecokelatan tua, tergantung lokasi dan jenis bunga clover yang menjadi sumbernya.

Madu eucalyptus

Madu yang rasanya tak terlalu enak tetapi sangat bernilai karena konon dapat mengobati penyakit tuberkulosis paru. Madu ini berasal daribanyak pohon berbunga sehingga warnanya bervariasi dengan rasa yang kuat seperti obat.

Madu jeruk

Seringkali madu ini merupakan kombinasi dari beberapa bunga jeruk, warnanya terang, rasanya tak terlalu tajam, dan beraroma jeruk segar.

Madu cengkih

Madu yang dikumpulkan dari bunga cengkih. Warnanya kuning oranye keemasan dengan aroma dan rasa cengkih yang enak.

Madu kapas

Madu dengan warna terang, aroma khas, dan rasa yang agak tawar. Madu ini mudah menggumpal menjadi partikel dan berubah warna menjadi putih.

Madu sage

Madu dengan warna terang, kental, dan rasanya enak serta tidak tajam. Jenis madu ini jarang menggumpal sehingga sering dicampur dengan madu lain untuk memperlambat penggumpalan.

Madu bunga bakau (mangrove)

Madu ini tergolong madu hutan. di Indonesia, antara lain dapat ditemukan di provinsi Jambi dan di daerah  pantai.

APA MANFAAT MADU UNTUK KESEHATAN?

Mencegah kanker serta penyakit jantung

Hal ini karena madu mengandung flavonoid. Kandungan ini inilah yang sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko berkembangnya sel kanker yang ada di dalam tubuh serta terkena penyakit jantung.

Mengurangi batuk

Madu juga berkhasiat untuk mengurangi batuk, dengan cara minumlah madu dua sendok teh 30 menit sebelum tidur.

Membantu meningkatkan daya ingat

Madu juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat Anda.

Membantu menghilangkan luka

Oleskan madu yang belum diproses atau madu yang masih benar-benar alami pada luka Anda. Maka luka tersebut dapat hilang secara alami.

Merupakan sumber nutrisi yang lengkap

Hal ini karena madu mengandung berbagai macam bahan alami nana berkhasiat yang ada di dalamnya.

Menghilangkan alergi

Madu mengandung anti inflamasi, jejak serbuk sari bunga dan paparan allergen yang berkhasiat untuk memerangi alergi musiman yang Anda alami.

Metabolism alhkohol

Dengan meminum madu secara langsung hal ini dapat membatasi keracunan serat menurunkan kadar alcohol dalam tubuh dengan cepat.

Memerangi bakteri yang ada di dalam tubuh

Madu dapat membunuh bakteri seperti E.coli, salmonella dan methicillin-resistant Staphylococcus.

Mencegah rendahnya sel darah putih

Untuk mencegah rendahnya sel dara putih yang ada di dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap harinya.

Meningkatkan metabolisme

Karena mengandung berbagai macam vitamin, dan gizi lainnya hal ini membuat madu ampuh untuk dijadikan sebagai metabolism tubuh.

Mencegah diabetes

Agar terhindar dari penyakit diabetes, Anda bisa mengganti gula dengan menggunakan madu

Meningkatkan stamina

Hal ini karena madu mengandung energy yang dapat meningkatkan stamina tubuh Anda.

Meningkatkan kesuburan

Madu juga dikenal sebagai salah satu suplemen penyubur kandungan yang cukup efektif. Bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan momongan, mungkin mengkonsumsi madu penyubur kandungan bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang menjalani program hamil.

Itulah berbagai macam manfaat madu yang baik kesehatan dan juga tubuh Anda. Dengan cara mengkonsumsi madu secara rutin agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

The following two tabs change content below.

Made Yantiani

Tentor SD di Bimbel Krishna Learning Center

Latest posts by Made Yantiani (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.