BELAJAR KELOMPOK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK

Telah dibaca 22 kali

Belajar adalah proses kita untuk mengetahui hal-hal yang belum kita ketahui. Banyak hal yang kita ketahui atau ilmu yang baru kita dapatkan dari proses belajar. Belajar memberikan makna yang baru didalam pikiran dan pembelajaran kita dalam kehidupan. Untuk usia anak sekolah dasar yang lebih suka bermain dari pada belajar menuntut guru dan orang tua untuk mencari cara agar proses belajar tidak membosankan. Tidak dapat kita pungkiri bahwa masih banyak anak-anak yang akan merasa bosan jika mereka diminta untuk belajar seorang diri. Belajar secara kelompok dapat meningkatkan semangat belajar anak.

Nah faktor apa saja sih yang bisa membuat anak bosan belajar sendiri?

Faktor yang bisa membuat anak bosan belajar sendiri

Kita sebagai orang tau harus mengetahui tanda anak-anak bosan jika belajar sendiri dirumah. Adapun faktor-faktor yang membuat anak bosan belajar sendiri yakni:

  1. Tidak ada tempat bertukar pikiran
  2. Tidak mengerti akan materi/ soal yang sedang dikerjakan
  3. Tidak adanya saingan untuk memotivasi anak belajar.
  4. Suasana yang sepi
Belajar kelompok

Pernyataan diatas hanya beberapa faktor yang menyebabkan anak bosan belajar sendiri. Nah orang tua harus mengetahui bahwa meski sebagimana pun anak pintar namun bosan dalam belajar juga dapat menghambat prestasi yang akan diraih.

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN RASA BOSAN ANAK DALAM BELAJAR?

Sebagai orang tua tentunya pasti akan bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan rasa bosan anak agar senang belajar? Tentunya orang tua harus putar otak untuk mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi.

Nahh salah satu cara agar anak dapat semangat dalam belajar dan menghilangkan rasa bosannya yakni dengan cara belajar berkelompok.

KENAPA HARUS BELAJAR KELOMPOK?

Banyak hal yang akan anak dapatkan atau feedback dari belajar berkelompok. Feedback yang anak didapatkan anak setelah belajar kelompok adalah

  1. Mengembangkan sikap kerja sama
  2. Saling tukar pikiran
  3. Meningkatkan pemahaman materi
  4. Saling membantu teman dalam pemahaman materi
  5. Meningkatkan motivasi belajar
  6. Menghilangkan kebosanan
  7. Mengembangkan sikap percaya diri

Dan masih banyak lagi hal-hal yang akan anak dapatkan dari belajar kelompok. Jadi tidak dapat kita pungkiri bahwa belajar bersama dapat meningkatkan prestasi belajar anak.

HAL APA SAJA YANG HARUS KITA PERHATIKAN DI DALAM BELAJAR KELOMPOK?

Dalam belajar kelompok tentunya kita harus memperhatikan jumlah batasan anak di dalam suatu kelompok. Karena terlalu banyak anggota dalam suatu kelompok juga dapat mengakibatkan kurangnya konsentrasi dalam belajar.Biasanya untuk kelompok belajar berbeda-beda setiap jenjangnya. Untuk kelas rendah (kelas I, II, III) tentunya jumlah kelompoknya harus lebih kecil antara 3 sampai 4 orang. Mengapa demikian? Karena kita ketahui kelas rendah konsentrasi guru ataupun tentor dalam mengajar harus lebih tinggi dan lebih kondusif dengan jumlah kelompok tersebut. Sedangkan untuk kelas tinggi (kelas IV, V, VI) jumlah kelompok bisa lebih banyak antara 5 sampai 8 orang didalam satu kelompok.

Nah jadi belajar secara berkelompok itu juga penting yaa, eitss jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang kiat mengatasi malas belajar

Editor : -NR-

The following two tabs change content below.

Ms Ita

Tentor KLC Bangli

Latest posts by Ms Ita (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.