Game + Matematika? Apakah yang akan terjadi ?

Telah dibaca 34 kali

Hai sobat semua kita bertemu bertemu kembali. Bagaimana keadaan kalian ? Apakah baik, buruk atau menyenangkan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sesuatu yang lebih menarik dari pembahasan kita pada artikel sebelumnya. Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang cara perkalian dengan cara kekinian, maka kali ini kita akan membahas mengenai bisakah matematika digabungkan dengan game ? Game matematika ?

Jika keduanya digabungkan apa yang akan terjadi? pembelajaran akan lebih menyenangkan atau pembelajaran semakin membosankan. Untuk memahaminya lebih lanjut mari kita mulai membahas dari matematika.

Apakah Itu Matematika ?

Matematika merupakan pembelajaran yang dibilang sulit dan bisa dibilang menyenangkan. Dikatakan menyenangkan jika dalam materinya hanya berisikan tentang menggambar bangun datar, bangun ruang, dan menghitung. Sebaliknya dikatakan sulit apabila materinya tentang volume bangun ruang, mencari mencari luas permukaan dan materi sulit lainnya. Sekarang apasih sebenarnya yag dimaksud dengan matematika? Jadi matematika adalah pembelajaran yang mengejarkan berbagai cara dalam pemecahan suatu masalah, mulai dari cara menentukan luas, menentukan panjang benda, dan menentukan harga suatu barang.

Matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting dan sangat berhubungan erat dengan kehidupan kita sehari – hari. Bisa diakatakan matematika selalu atau tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Matematika sangatlah penting, jadi tidak bisa diabaikan begitu saja. Pada kenyataannya banyak orang yang kurang tertarik pada pembelajaran matematika, banyak yang beranggapan bahwa matematika adalah pembelajaran yang tidak begitu diperlukan dalam kehidupan tapi mereka tidak menyadari manfaat yang besar yang diberikan oleh pembelajaran matematika.

Apakah Game Bisa Digunakan Dalam Pembelajaran ?

Kalau tadi kita membahas tentang pelajaran matematika sekarang kita akan membahas apakah game itu bisa digunakan dalam pembelajaran? Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya game. Game sudah mandarah daging mulai dari anak kecel hingga dewasa suka bermain game, apalagi banyak game yang menawarkan hadiah yang menarik pada para pemainnya agar ikut serta dalam game tersebut. Namun jika game digunakan dalam pembelajaran apakah akan semenarik game yang lainnya? Hal ini tergantung pada pembuatnya jika game tentang pembelajaran bisa dikemas dengan menarik bukan tidak mungkin banyak yang akan melakukan permainan tersebut.

Pada kenyataannya game tentang pembelajaran masih kalah jauh dengan game bergendre fantasy dan petualangan. Inilah yang menyebabkan banyak yang lebih tertarik memainkan game fantasy dibandingan dengan game pembelajaran yang memberikan pengetahuan yang berguna. Karena game yang berjenis tentang pelajaran cenderung tampilannya lebih sederhana dan kurang menarik minat para penggemar game untuk memainkannya. Kebanyak para pemain game lebih memilih untuk mencari game yang memiliki fitur yang menarik dan gambar yang lebih baik sehingga semakin membuat para penggemar game penasaran untuk mencobanya.

Apakah Yang Akan Terjadi Jika Matematika + Game =…..?

Pernahkah kalian terpikirkan untuk menggabungkan matematika dengan game ? Kira – kira bagaimana hasilnya ? Dari percobaan yang telah dilakukan penggabungan antara matematika dan game cukup membuat siswa tertarik dalam pembelajaran dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran biasa yang kadang – kadang kurang menarik minat siswa dalam hal pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari antusiasnya para siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang digabungkan dengan game. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang tadinya membosankan kini bisa menjadi sangat menarik untuk dipelajari. Salah satu game yang bisa di gabungkan dengan matematika adalah game kuis.

Yang pertama kita perlu lakukan sebelum membuat game adalah

Mencari materi apa yang akan kita gabungkan dengan game. Materi ini bisa berupa pengurangan, penjumlahan dan perkalian untuk anak SD kelas 2, 3 dan 4. Sedangkan untuk yang kelas tinggi 5 dan 6 kita bisa menggunakan materi sperti luas jaring – jaring kubus, dan bangun ruang lainnya.

Langkah kedua yang kita lakukan adalah

Setelah mendapatkan materi kemudian kita buat soal yang akan kita gunakan dalam game yang akan kita buat, dengan membuat soal terlebih dahulu kita tinggal memindahkannya ke game yang akan kita buat.

Langkah ketiga

Untuk menggabungkan game dengan pembelajaran matematika adalah mencari game kuis di internet. Disana kita tinggal mengubah dan memasukkan soal yang kita buat sebelumnya, jangan lupa untuk membuat jawaban yang benar jika tidak disertai dengan jawaban yang benar maka nanti siswa tidak tau jawabannya benar atau salah.

Langkah keempat yaitu

Setelah selesai memasukkan soal kita buat dan memberi jawaban yang benar kita tinggal dan menyimpannya, kita bisa membuat lebih dari game kuis sebagai persiapan kalau siswa bisa dengan cepat untuk menjawab soal – soal yang kita buat.

Langkah yang terakhir atau yang kelima

Tinggal uji coba langsung kepada siswa usakan sebelum kita memberikan game yang kita buat, berikan materi yang sesuai dengan soal kita. Tujuannya diberikan materi sebelum diberikan soal agar siswa lebih mudah mengerjakan soal yang kita berikan dan tidak bingung. Setelah diberikan soal yang digabungkan dengan game kita bisa melihat respon siswa tentang pembelajaran matematika yang kita gabungkan dengan game.

Sekian pembahasan kita kali ini tetang pembelajaran matematika yang digabungkan dengan game. Semoga artikel kali ini bisa membantu sobat sekalian dalam menyelesaikan masalah terutama dalam pembelajaran matematika yang terkenal sulit dan membosankan agar menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai bertemu di pembehasan kita selanjutnya.

Tentukanlah Jalanmu Sendiri, Karna Jalan Yang Kamu Pilih Akan Menentukan Arah Dan Tujuan Mu Untuk Kedepannya

sumber gambar : www.pexels.com

The following two tabs change content below.

Adi Kasuma

Tentor di Bimbel Krishna Learning Center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.