Manfaat Meditasi Untuk Pelajar

Telah dibaca 1.519 kali

Sumber daya manusia merupakan salah satu komponen penting yang berpengaruh terhadap kemajuan suatu bangsa. Salah satu cara meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan merupakan sarana untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

Pernyataan ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu (1) mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, (2) bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Sisdiknas, 2003).

Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, maka sangat diperlukan hal yang dapat meningkatkan kualitas diri manusia khususnya pada pelajar. Sebagian besar pelajar di zaman globalisasi ini memanfaatkan teknologi misalnya laptop, handphone, dan internet untuk membantu proses pembelajarannya. Pemanfaatan teknologi tersebut dapat berdampak baik dan buruk. Dampak baiknya, pelajar dapat mengakses sumber informasi pembelajaran dengan cepat dan mudah. Dampak negatifnya, peserta didik dapat menggunakannya ke hal-hal yang kurang baik seperti pornografi.

[Baca Juga : Kuliah Apakah Hanya ke Kampus dan Belajar? ]

Pada zaman globalisasi ini, pelajar juga sering dihadapkan pada berbagai masalah, baik masalah di lingkungan keluarga, sekolah, pergaulan, maupun di masyarakat. Di Indonesia, biasanya pelajar dalam proses pembelajarannya sering mendapatkan banyak tugas untuk dikerjakan di luar sekolah. Hal tersebut dapat membuat pelajar merasa tertekan pada pikirannya ditambah juga masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hidup ini, ada saja pelajar yang mengalami masalah seperti masalah finansial dan pergaulan bebas.

Pergaulan bebas sering terjadi pada pelajar usia remaja (pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa). Mereka sering sekali dihadapkan pada kenakalan remaja yang menjerumus ke pergaulan bebas, meminum minumam keras, dan penyalahgunaan narkoba. Banyak juga dari mereka yang terlibat tawuran yang dapat merugikan diri-sendiri dan orang lain. Salah satu contoh pergaulan remaja adalah suka meminum minuman keras sampai mabuk. Hal ini tentunya dapat merusak kesehatan dan merugikan orang lain terutama orang tua. Oleh karena itu, sangat diperlukan hal yang dapat mencegah pergaulan bebas tersebut. Salah satunya melalui meditasi.

Meditasi merupakan proses pengenalan diri-sendiri secara penuh yaitu diri kita yang ada “di dalam” dan mengerti bagaimana diri kita memberi reaksi terhadap apa yang ada “di luar”. Meditasi adalah cara konsentrasi tanpa menggunakan objek apapun. Objek konsentrasi dalam meditasi ini hanyalah batin kita sendiri dan sebagai ganti pengulangan kata atau frase, seperti dalam mantra, kita membiarkan adanya arus pikiran-pikiran positif berdasarkan pemahaman yang tepat tentang diri-sendiri. Putaran pikiran positif tersebut diharapkan dapat membangkitkan ingatan tentang pengalaman-pengalaman kedamaian yang terpendam di dasar batin kita. Melalui meditasi kita dapat menemukan diri-sendiri yang sangat berbeda. Kita menjadi sadar,bahwa hakikat diri kita yang benar, yang sesungguhnya adalah sangat positif. Melalui meditasi kita menemukan kedamaian yang justru ada di dalam hati kita sendiri.

Tujuan dan Manfaat Meditasi

Tujuan dari meditasi adalah mengisi akal budi dengan kekuatan hingga menjadikan kita mampu berpikir jernih, terbuka, dan sanggup membuat keputusan yang tepat. Akal budi merupakan bagian yang paling penting dari jiwa karena melalui akal budi kita menjalankan pengendalian diri terutama untuk mental. Mental kita sangat dipengaruhi oleh kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat meditasi untuk pelajar adalah sebagai berikut.

  1. Meditasi dapat meningkatkan rasa damai dalam diri pelajar.
  2. Meditasi dapat menjauhkan pelajar dari hal-hal yang negatif.
  3. Meditasi dapat menghilangkan rasa stress bagi pelajar yang mengalami permasalahan hidup.
  4. Meditasi dapat meningkatkan disiplin pelajar.
  5. Meditasi dapat mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk pelajar.
  6. Meditasi dapat meningkatkan kesehatan pelajar.
  7. Meditasi dapat meningkatkan semangat untuk belajar dan semangat hidup.
  8. Meditasi dapat membuat tidur lebih berkualitas.
  9. Meditasi dapat mengharmoniskan hubungan pelajar dengan temannya, pelajar dengan gurunya, pelajar dengan orang tuanya, maupun pelajar dengan masyarakat.
  10. Meditasi dapat meningkatkan konsentrasi dan efisiensi dalam belajar.
  11. Meditasi dapat membuat hidup pelajar menjadi lebih bahagia.
  12. Meditasi dapat membuat pelajar untuk berpikir positif.

Berdasarkan hal tersebut, meditasi sangat bermanfaat untuk diberikan kepada pelajar. Semoga setiap pelajar sadar dengan kualitas dirinya sehingga mereka dapat membangun kualitas diri dan sumber daya manusianya ke arah yang lebih baik. Kualitas diri yang dimaksud seperti disiplin, ramah, suka menolong, cinta kasih, ikhlas, berani, percaya diri, kreatif, cerdas, bertanggung jawab, semangat, rajin, hormat kepada orang lain, saling menghargai, toleransi, berpikir positif, tenang, damai, bisa mengendalikan diri, selalu bersyukur, rajin sembahyang, selalu ingat dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kuat, bahagia, ceria, suka berbagi, fleksibel, rendah hati, bijaksana, sopan, rapi, dan kualitas luhur lainnya.

The following two tabs change content below.

Yande Wraspana

Tentor Fisika di Bimbel Krishna Learning Center

Latest posts by Yande Wraspana (see all)

2 Balasan untuk “Manfaat Meditasi Untuk Pelajar”

    1. di lembaga kami belum ada program seperti itu. mungkin ide ini bisa kita pikirkan sebagai inovasi kedepannya bagi lembaga kami. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.