Table Manner : Makan Kok Diatur??

Telah dibaca 198 kali

Readers  pasti pernah mendengar tentang istilah table manner kan? Atau tata cara makan bisa juga disebut etika pada saat makan. Tapi mendengar istilah ini kita juga pasti akan mikir “makan kok diatur?”. Kalian juga pasti penasaran table manner itu apa sih?

Apa itu table manner??

Table manner atau tata cara makan adalah aturan etiket yang digunakan saat makan, serta mencakup penggunaan peralatan makan secara tepat. Dari pengertian tersebut readers pasti penasaran bagaimana aturan makan yang benar? Apakah boleh kita makan ala abang-abang di warung? Tentu tidak, namanya juga table manner jadi makan with manner lah. Ada  beberapa dasar-dasar table manner dalam budaya western. For your information, setiap negara punya aturan makan atau table manner yang berbeda dan ini adalah dasar-dasar table manner ala-ala western dan biasa digunakan di dunia internasional.

table manner
https://jeshoots.com

Dasar-dasar table manner

  1. Taruhlah napkin (serbet) pada pangkuan
  2. Tunggulah sampai semua orang mendapatkan makanannya sebelum mulai makan
  3. Setiap orang mulai makan bersamaan
  4. Jangan membuat suara ketika sedang makan artinya readers harus mengunyah makanan tanpa mengeluarkan suara dan membuka mulut.
  5. Duduk dengan tegak dan bawalah makanan ke dalam mulut: jangan mencondongkan badan ke arah piring makan readers.
  6. Jangan menaruh lengan ataupun siku di atas meja (sebelum/sesudah makan): readers boleh menaruh tangan sampai pergelangan readers di tepi meja.
  7. Berusahalah untuk ramah kepada setiap orang di meja makan. Jika readers, seorang pria, readers harus memberi perhatian penuh pada wanita yang duduk dekat readers. Berikan makanan dan layani mereka, hal yang sama juga berlaku untuk anak-anak.
  8. Pegang pisau dengan tangan kanan dan garpu dengan tangan kiri.
  9. Potong daging, kentang, sayuran dan lain-lain seukuran satu gigitan readers atau potong kecil-kecil, makan potong per potong secara perlahan.
  10. Setiap readers memotong dengan pisau, makanlah potongan tersebut dengan garpu.
  11. Ketika makan spaghetti, pegang garpu dengan tangan kanan, gulung mie ke atas dengan garpu, spaghetti yang berada digarpu harus dimakan dalam satu suapan. Sangat tidak sopan jika readers makan setengah dari mie yang telah digulung dengan garpu kemudian mie yang readers makan jatuh dipiring.
  12. Ketika sedang makan, ingat readers tidak boleh ngomong dengan mulut penuh makanan.
  13. Ketika tuan rumah atau nyonya rumah menawarkan makanan, berikan mereka jawaban secara langsung jika readers ingin menolak untuk pertama kali sehingga mereka tidak menawarkan lagi.
  14. Di meja makan minta orang lain untuk memberikan makanan yang jauh dari jangkauan readers, dan ingat untuk mengucapkan kata “tolong dan terima kasih”.
  15. Ketika readers selesai makan taruhlah pisau dan garpu secara berdampingan diatas piring.
  16. Jangan gunakan tusuk gigi diatas meja makan. Itu tidak sopan readers.
  17. Sebelum meninggalkan meja makan, lipat kembali serbet dan taruh diatas meja didekat piring.
  18. Jika readers tidak yakin, amati teman-teman readers yang sudah terbiasa dengan table manner saat makan untuk mencegah kesalahan.

Well readers, ternyata makan aja kok repot ya?

Kalau readers memandang table manner dari sisi negatif, ini sangat merepotkan “makan kok diatur” tetapi dari sisi positif readers bisa belajar bahwa makan pun kita harus sopan dan tahu etika kalau kita ingin menunjukan diri kita berpendidikan dan berkelas. Jadi readers yang terhormat selamat mencoba table manner.  

The following two tabs change content below.

Komang Triandari

Tentor Bahasa Inggris di Bimbel Krishna Learning Center

Latest posts by Komang Triandari (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.