LISTENING SECTION SULIT? 6 TIPS BERIKUT AKAN MEMBANTUMU

Telah dibaca 0 kali

Apakah kalian merasa listening section adalah sesi yang paling susah dalam ujian Bahasa Inggris? Waktu berpikir yang harus cepat hingga pronunciation yang kurang jelas dari native speaker di audio, sering kali membuat kita kesulitan dalam mengerjakan soal listening dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Tips untuk mempermudah kalian mengerjakan soal-soal listening section!

Dalam listening section, kita akan mendengar English native speaker berbicara, berdialog atau short speech (pidato singkat). Setelah mendengarkan, kita harus menjawab soal yang berkaitan dengan audio tadi. Terkadang kita yang tidak biasa mendengar native speaker berbicara akan sangat kesulitan dalam memahami maksud dari native speaker tersebut. Dan waktu kita akan berkurang dan terkadang lupa dengan apa yang dimaksud oleh audio karena terlalu fokus saat menerka-nerka jawaban yang pas untuk soal-soal listening tersebut. Nah, ada beberapa tips untuk mempermudah kalian mengerjakan soal-soal listening section! Let’s check these out!

listening section

1. Memahami dan membaca soal-soal sebelum tes dimulai

Manfaatkan waktu sebelum tes dimulai untuk membaca dan memahami soal-soal yang diujikan terlebih dahulu. Ini penting, karena akan mempermudah kalian untuk mendapat gambaran dalam menjawab soal-soal yang diujikan. Jadi manfaatkalah waktu sebaik-baiknya yaa!

2. Memahami petunjuk dan instruksi soal

Disetiap listening section pasti ada petunjuk dan instruksi tentang poin apa yang harus kamu pahami di bagian soal itu, jadi kalian harus fokus. Jangan hanya memahami saat kalian membaca petunjuk atau instruksi itu tetapi ketika audio diputar, native speaker akan membacakan petunjuk atau instruksi tersebut. Kalian harus mendengarkan dengan seksama, jangan sembari melihat soal atau melihat-lihat teman kalian. Karena ketika kalian sudah memahami instruksi tersebut, kalian akan dengan mudah mengerjakan soal-soal listening section.

3. Cari informasi berapa kali rekaman akan diputar

Biasanya soal listening akan diputar lebih dari satu kali. Pada kesempatan pertama kalian bisa mendengarkan poin-poin utama dalam soal tersebut, sehingga kalian akan mendapatkan sedikit gambaran tentang jawaban yang bisa kalian jawab dengan tepat. Kemudian di kesempatan berikutnya, kalian bisa menentukan jawaban yang tepat untuk soal listening yang sedang kalian dengarkan.

4. Dengarkan dengan konsentrasi penuh dan ingat, jangan panik!

Kebanyakan orang yang pertama kali mengerjakan soal listening pasti akan merasa panik saat mereka melewatkan audio yang diputar. Jangan sampai seperti ini yaa. Ketika kalian mengerjakan soal listening, kalian membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan penuh sehingga kalian bisa menjawab dengan tepat setiap soal yang diujikan. Jika dari awal kalian sudah panik, dijamin kalian tidak akan bisa menjawab soal listening dengan baik. So, stay calm and concentration!

5. Perhatikan manajemen waktu

Seperti ujian TOEFL, TOEIC dan IELTS, waktu yang diberikan sangat terbatas dalam mengerjakan soal disetiap section. Kalian bukan hanya mengerjakan soal Listening, tapi kalian juga mngerjakan soal Writing, Speaking dan Reading. Jadi, ketika kalian mengerjakan soal pastikan untuk mengatur waktu dengan tepat. Kalian harus bisa memanfaatkan waktu yang singkat untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Jika kalian ragu, kalian bisa memberikan tanda pada soal tersebut dan mulai mengerjakan soal yang lainnya. Jangan terpaku pada satu soal saja, sehingga kalian akan kekurangan waktu untuk mengerjakan soal-soal lainnya dan konsetrasi kalian akan terganggu.

6. Rajin-rajinlah berlatih mengerjakan soal-soal listening

Ini juga merupakan poin yang penting bagi kalian yang baru pertama kali mengerjakan ujian listening. Sering-seringlah kalian berlatih mengerjakan soal listening dan kalian bisa mencari soal-soal listening di internet. Dengan seringnya kalian berlatih mendengarkan percakapan dan monolog dari native speaker dalam Bahasa Inggris, kalian akan terbiasa dan memudahkan kalian untuk mengerjakan soal-soal listening. Dan jangan lupa kalian juga harus berlatih tentang pengucapan atau pronunciation. Semakin kalian mengetahui bagaimana pengucapan kata itu tentu saja akan memudahkan kalian untuk mendengarkan percakapan Bahasa Inggris dari seorang native speaker.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memudahkan kalian dalam mengerjakan soal-soal listening. Semoga bermanfaat dan membantu kalian dalam mendapatkan nilai yang memuaskan. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya yang tentu saja akan menambah wawasan kalian loh hihi! See ya!

Editor : -ND-

The following two tabs change content below.

Ms Okky

Latest posts by Ms Okky (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.