Belajar Bahasa Inggris Mudah? Begini Caranya !

Telah dibaca 51 kali

Secara tidak resmi bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional, hal ini terjadi karena penyebaran kebudayaan oleh orang-orang Inggris yang diakibatkan dari meluasnya pengaruh Britania Raya  dan produk-produk Amerika yang menguasai pasar dunia. Di era sekarang ini kita dituntut untuk bisa berbahasa Inggris. Selain karena semua kecanggihan teknologi yang menggunakan bahasa Inggris juga beberapa bidang pekerjaan mengharuskan kita untuk berbahasa Inggris. Menurut kalian pentingkah belajar bahasa inggris dewasa ini?

Di Indonesia pendidikan bahasa Inggris pertama kali dimasukan ke dalam kurikulum pada tahun 1967. Perkembangan bahasa Inggris terus berkembang setiap tahunnya ada lebih dari 250.000 kata dalam kamus  Oxford English belum lagi bahasa gaul dan istilah-istilah dalam sains dan teknologi.

Berikut cara mudah belajar bahasa Inggris :

Kuasai Rumus Tenses & Grammar

Tenses dan Grammar adalah pondasi utama dalam bahasa Inggris jika kamu sudah menguasai ini maka kamu akan dengan cepat menguasai bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris mengenal tingkatan kalimat berdasarkan waktu  terjadinya sebuah tindakan. Beda waktu maka akan berbeda pula to be dan kata kerja yang digunakan selain itu juga terdapat bermacam-macam bentuk kalimat . Dalam mempelajari  Tenses dan Grammar harus dilakukan dengan pelan-pelan dengan pemahaman yang benar.

Perbanyak Kosakata

Memperbanyak kosakata merupakan salah satu langkah  untuk mempelajari bahasa Inggris. Setidaknya dalam sehari kamu harus menghafal 5 sampai 10 kosakata baru berserta artinya kemudian keesokan harinya kamu tulis kosakata yang kemarin kamu hafalkan kemudian tambahkan  kosakata baru pada hari itu juga dan begitu seterusnya. Buatlah satu atau dua kalimat menggunakan kosakata tersebut. Dalam hal ini kamu bisa meningkatkan  ketrampilan menulis sekaligus.

Jangan Tinggalkan Kamus

Era global seperti saat ini kamus  tidak lagi berbentuk sebuah buku yang tebal dan berat, yang bahkan para siswa sendiri enggan membawanya ke sekolah karena akan menambah beban tas sekolah. Sekarang kamus sudah tersedia dalam bentuk digital seperti aplikasi dalam ponsel, sehingga sangat mudah dan bisa di bawa kemana-mana. Tidak hanya bahasa Inggris kamus digital juga menawarkan berbagai terjemahan dari bahasa-bahasa negara lain.

buku atau gadget

Jika kamu sedang berjalan, mendengarkan lagu barat, mendengarkan radio, menonton televisi menemukan sebuah kata bahasa Inggris yang belum tahu artinya tidak ada salahnya untuk membuka kamus dan terjemahkan. Hal ini bisa membantu kamu dalam memperbanyak kosakata dan penggunaan kata yang tepat.

Rajin Menonton Film Berbahasa Inggris atau Berita Berbahasa Inggris

Tentunya kamu suka menonton film-film barat di bioskop, cobalah untuk tidak membaca terjemahannya dan mendengarkan baik-baik bagaimana cara mereka melafalkannya.

Hal ini sangat membantu  kamu dalam memahami isi cerita dalam bahasa Inggris dan bisa melatih pendengaran serta bagaimana mengucapkannya. Cara ini  untuk melatih ketrampilan dalam hal mendengarkan.

Berbicara Langsung dengan Orang Native Inggris

Cara ini dianggap cara yang paling jitu di antara cara yang lainnya. Jika kamu tidak mempunyai teman orang asing, maka inilah saat yang tepat menggunakan ponsel dan kuota internetmu untuk suatu hal yang bermanfaat. Berselancarlah di sosial media dan bertemanlah dengan orang-orang asing dari Inggris, Selandia Baru, Canada, Amerika maupun Australia yang pada dasarnya merupakan native Inggris.

Mulailah chating, berkirim email, bertelepon yang bisa meningkatkan tiga ketrampilan sekaligus yaitu menulis, mendengarkan dan mengucapkan.

Selain cara-cara di atas, sekarang juga terdapat berbagai aplikasi learning English gratis yang bisa kamu download langsung. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan test TOEFL/ IELTS gratis di internet untuk mengukur ketrampilanmu dalam bahasa Inggris. Selamat mencoba!

The following two tabs change content below.
Tulisan dari Tentor atau Penulis Freelance di bimbel KLC. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.