Hidup Praktis: Baik Buruknya Terhadap Dunia Pendidikan Anak

Telah dibaca 15 kali

Selama ini perkembangan dunia pendidikan masih berpacu terhadap teknologi. Tidak hanya mengacu pada dunia perkuliahan saja, tetapi pada dunia pendidikan anak SD, SMP dan SMA juga membutuhkan akses cepat. Gaya hidup praktis dan instan sepertinya sudah sulit dihilangkan dalam pola kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan adanya sistem online ini siapapun bisa melakukan tes ataupun mencari bahan-bahan belajar dengan sangat mudah.

Namun dari setiap pengamatan hingga pengalaman bagi anak sampai orang tua, ada dua sisi baik dan buruk terhadap adanya gaya hidup praktis tersebut. Apalagi sampai detik ini metode-metode belajar terus dikembangkan dengan tujuan mempermudah anak dalam memahami sebuah potensi terbaik di dalam materi belajar.

buku atau gadget

Globalisasi di dunia pendidikan bahkan di kehidupan anak terkadang memberi efek dua hal yakni efek baik serta buruk. Tidak semua anak-anak mengerti seperti apa gaya hidup praktis. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini semua metode belajar sudah lebih cepat disampaikan dalam berbagai media online. Akan lebih mengerti bila hidup praktis sebenarnya masih memberi efek baik serta buruk, sehingga para orang tua bisa membentengi anak terhadap dampak-dampak buruk, kemudian bisa mencermati apa saja hal baik yang sudah dirasakan.

Apa Dampak Baik Dari Hidup Praktis Bagi Dunia Pendidikan Anak?

Banyak pertanyaan muncul dari kalangan orang tua yang mana gaya hidup praktis di zaman modern seperti sekarang apakah mempunyai dampak baik atau sebaliknya. Tidak sedikit lembaga bimbingan belajar seperti Bimbel KLC berhasil membuat rumus cepat dalam mempelajari semua opsi agar ke depan metode pendidikan jadi lebih gampang disampaikan hingga lebih mudah dicerna oleh si anak.

Hal pertama pastinya membuat konsep belajar bagi si kecil tidak harus bertatap muka. Sudah menjadi keunggulan sistem belajar online dimana praktisnya sebuah metode belajar tanpa harus bertatap muka langsung. Metode e-learning hingga sekarang masih jadi prioritas banyak kalangan terutama lembaga pembelajaran sehingga siapapun bisa mendapat materi tanpa ada Batasan waktu serta tempat. Dalam hal ini juga bimbel KLC berusaha mengembangkan sistem konsultasi online yang di sebut SC Online (Student Care Online)

Gaya hidup praktis di kalangan anak-anak juga mempermudah mereka dalam mengakses informasi pendidikan yang sekarang juga tersedia di banyak media. Dengan adanya aplikasi hingga media-media website tertentu berisi materi hingga ilmu pengetahuan selalu jadi akses utama untuk materi belajar. Katakanlah di sebuah situs terdapat banyak materi buku berbentuk format PDF ataupun gambar. Sehingga anak-anak akan lebih menyukai metode belajar e-learning dengan segala macam keuntungannya. Disamping materi – materi yang bisa diakses secara online, banyak juga kreator – kreator yang membuat video pembelajaran yang di publish pada flatform pemutar video online.

Dampak Buruk Hidup Praktis Bagi Dunia Pendidikan Anak

Gaya hidup serba praktis ataupun instan tak sepenuhnya memberi dampak baik terhadap dunia si kecil. Dengan adanya metode belajar dengan konsep lembaga pendidikan hingga bimbingan belajar anak, bisa memperkecil dampaknya. Kemampuan dari setiap anak dalam menanggapi perubahan gaya belajar memang tidak sama. Terkadang seorang anak justru merasa kurang maksimal dikarenakan sudah terbiasa dengan metode belajar secara konvensional. Tidak hanya itu saja, bagi para orang tua juga harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk mengadakan perangkat ataupun memenuhi kebutuhannya.

Dampak lain bahkan sekarang sudah menjadi kontroversi bagi kalangan orang tua adalah tentang moral anak-anak. Pada hal pertama terdapat gejala dimana moral siswa mengalami penurunan. Kejadian tersebut disebabkan oleh adanya globalisasi di dunia pendidikan. Sehingga para siswa kurang bisa mengontrol semua konten dengan lebih cermat. Jalan keluar dari persoalan penurunan kualitas moral sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa jalan seperti pendampingan oleh orang tua, hingga adanya bimbingan dari lembaga belajar.

Sudah terlihat bahwa rusaknya moral ditambah lagi kesenjangan sosial hingga tergerusnya budaya lokal menjadi dampak globalisasi pendidikan. Harus ada perkembangan teknologi yang dapat menyatukan semua aspek. Sehingga di dalam dunia pendidikan ini siapapun bisa langsung mendapatkan minat lebih besar dengan mengeluarkan berbagai metode paling jitu. Kini Anda sudah bisa melihat perbedaan seputar pergaulan anak-anak di zaman saat ini dengan beberapa puluh tahun belakangan. Negara-negara berkembang seperti Indonesia menjadi salah satu negara berdampak. Sehingga ada beberapa sekolah yang membuat peraturan khusus mengenai konsep globalisasi di dunia pendidikan.

Kajian Penulis

Sebuah kebijakan tegas dan tepat untuk membuat dunia pendidikan makin mudah diakses adalah keputusan tepat. Namun harus ada kebijakan cadangan dimana dinamika pendidikan saat ini masih harus dikembangkan lebih baik lagi. Metode pendidikan memanfaatkan teknologi adalah kesempatan baik untuk sebuah negara berkembang. Sehingga semua aspek kegiatan sehari-hari akan memberikan kemudahan serta kecepatan.

Sisi praktis dari sebuah teknologi pendidikan memang harus dibarengi dengan konsep-konsep tertentu, agar nantinya sebuah negara berkembang akan menghadirkan metode lebih baik serta lebih menyenangkan untuk sistem belajar si kecil. Terkadang dari sebuah sekolah menuntut para siswa mempelajari metode belajar lebih modern. Secara tidak sadar metode tersebut memberi dampak terhadap mental mereka. Seorang anak bisa terkena dampak kurang baik salah satunya kurang bersosialisasi ditambah lagi membuat semua hal harus dikerjakan dengan cepat tanpa memperhitungkan metodenya.

Berbagai rumusan dalam media belajar bagi usia anak-anak sampai dewasa terkadang harus berubah sesuai dengan tingkat pemikirannya. Soal-soal dengan konsep online sekarang sudah semakin banyak, apalagi terdapat aplikasi khusus yang dibuat untuk belajar bagi para siswa. Hal satu ini membuat metode belajar sebuah sistem akan dirasakan kurang maksimal. Bahkan tidak ada interaksi antara guru dengan siswa. Padahal dari interaksi tersebut menjadi aspek terpenting untuk mendatangkan pengalaman lebih baik terhadap metode-metode lebih tepat dan juga lebih aman bagi mental si anak.

The following two tabs change content below.
Tulisan dari Tentor atau Penulis Freelance di bimbel KLC. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.