Cara Mudah Belajar EYD

Telah dibaca 531 kali

Ujian Nasional sudah semakin dekat, sudahkah kalian mengantongi kisi-kisi UN? Apabila sudah, coba lihat pada kolom terakhir yakni “Menyunting ejaan dan tanda baca”. Untuk membedah kisi-kisi tersebut tentunya memerlukan pisau bedah yang sesuai. Suka tidak suka tentunya akan berhadapan dengan buku Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD ). Istilah yang lumayan lazim. Namun, tetap menjadi momok. Benarkah?

(EYD) Ejaan Yang Disempurnakan

Ejaan Yang Disempurnakan selanjutnya  disingkat dengan EYD merupakan pedoman resmi dalam berbahasa Indonesia resmi atau bahasa baku.  Menurut Wikipedia, EYD adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku dari tahun 1972 hingga 2015. Ejaan ini menggantikan ejaan Republik atau ejaan Soewandi. Ejaan ini digantikan oleh ejaan Bahasa Indonesia sejak tahun 2015. EYD mengatur empat pedoman berbahasa, yaitu pedoman pemakaian huruf, pedoman penulisan kata, pedoman pemakaian tanda baca, dan pedoman penulisan unsur serapan.

bahasa indonesia

Pedoman ejaan ini dikemas dalam berbagai versi dalam berbagai terbitan. Misalnya, ada yang diterbitkan secara khusus hanya menyangkut pedoman EYD dengan tampilan sangat tipis sehingga harganya pun sangat ekonomis, kisaran Rp 2500. Di berbagai terbitan lainnya, EYD digabungkan dengan tata bahasa yang lainnya. Misalnya, Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan Lengkap dengan Peribahasa, dan Majas. Semakin kompleks isinya, begitu juga dengan harganya hingga cara penggunaannya.

Bukankah belajar harus sesimpel mungkin?

Menyikapi era digital saat ini, semua bisa ada  dalam genggaman. Begitu juga dengan teknik belajar. Belajar sudah tidak ada kata sulit lagi. Harus bertanya kepada siapa? Malas karena melihat buku yang tebal? Sebelum beralasan, cobalah tengok gadget yang kalian bawa! Syaratnya harus tersedia jaringan internet. Tidak punya juga? Kini jaringan wifi  sudah seperti jamur.

Oke! Sekarang buka playstore atau APP store. Untuk menyikapi kegalauan kalian belajar EYD, kini semua jawabannya ada dalam gadget yang kalian genggam. Kini EYD memiliki tampilan baru dalam bentuk aplikasi yang bisa di download dan enaknya lagi kalian bisa pilih via ofline. Tak usah bingung ketika ada banyak tampilan aplikasi yang muncul, kalian bisa pilih yang mana saja sesuai hati  dan pastinya harus sesuai kebutuhan. Pastinya, semua pilihan aplikasi EYD bisa di download secara gratis. Apabila sudah didownload, lanjutkan ke proses install, tinggal menunggu beberapa menit saja, aplikasi sudah dapat dibuka dan digunakan sesuai yang diharapkan.

Sangat mudah bukan?

Apalagi kalian yang sedang belajar soal-soal bahasa Indonesia untuk persiapan UN ataupun SBMPTN dan jenis tes kemampuan berbahasa lainnya, aplikasi ini akan sangat membantu saat anda belajar di manapun dan kapanpun. Jadi, tak usah bingung-bingung lagi untuk belajar ejaan bahasa Indonesia. Selain solusi dengan menggunakan aplikasi eyd, bagi kalian yang ingin mencoba fasilitas tanya jawab secara online, kalian bisa mencoba dan bergabung ke SC Online. Kalian bisa menanyakan berbagai pertanyaan mengenai materi apapun semua pelajaran secara online. Semoga ini menjadi salah satu tiket keberhasilan UN kalian ya. Selamat mencoba.

The following two tabs change content below.

Ayu Noviarini

Tentor Bahasa Indonesia di Bimbel Krishna Learning Center

Latest posts by Ayu Noviarini (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.