10 Tips Ampuh Menghadapi Wawancara Kerja

Telah dibaca 0 kali

Hallo sahabat viewers, kali ini author akan mengajak para pembaca untuk masuk ke dunia kerja. Sebelum mengirimkan lamaran ke perusahaan pastikan bahwa kalian telah memenuhi semua persyaratan yang diberikan oleh perusahaan. Karena apabila kalian tidak memenuhi semua persyaratan dan tips nya, jangan harap kamu akan dipanggil untuk wawancara kerja.

Namun jika kamu telah memenuhi semua persyaratan yang diberikan, setelah mengirimkan lamaran ke perusahaan baik itu melalui email ataupun datang langsung ke perusahaan kamu pasti akan segera dipanggil untuk interview. Nah ini dia beberapa tips wawancara ampuh yang sudah author kumpulkan dari beberapa narasumber. Let’s check this out!

Tips Wawancara Kerja

Setiap orang yang hendak melanjutkan hidupnya kejenjang lebih dewasa pasti akan melalui fase mencari pekerjaan, entah pekerjaan apapun itu. Jaman sekarang, hampir semua pekerjaan mengharuskan para pelamarnya untuk melakukan sebuah tahapan yang disebut dengan wawancara kerja atau interview. Interview adalah tahapan dimana perusahaan mampu mendapatkan informasi mengenai si pelamarnya, sejauh apa dia layak untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

tips wawancara

Coba tips ampuh ini dan yakinlah kalian akan diterima di perusahaan impianmu!

Banyak pelamar berhasil melalui wawancaranya dengan baik dan akhirnya berhasil diterima di perusahaan. Sebagai pelamar tentunya kamu sangat menginginkan diterima diperusahaan tersebut. Apalagi jika kamu merasa bahwa kemampuanmu sangat cocok dengan posisi yang kamu lamar. Untuk itu, ada beberapa tips yang harus kamu tahu untuk berhasil dalam wawancara.

Jika kamu sudah mengirim cv, pastikan dirimu siap kapan saja untuk diwawancara. Jangan menolak hari yang telah ditentukan.

Sebelum bagian personalia memanggilmu untuk wawancara pasti ia telah menyiapkan harinya, pastikan diri kalian siap kapanpun. Hindari penolakan dan pengajuan hari lain, bisa saja dari sana bagian personalia melakukan penilaian dan menganggapmu tidak serius untuk pekerjaan itu. Namun apabila ada kepentingan yang teramat mendadak, pastikan anda menyiapkan hari lain yang jaraknya tidak jauh dari penawaran personalia.

Jika kamu dipanggil wawancara, jangan lupa siapkan mental dan fisik!

Fisik dan mental sangat penting saat menjawab pertanyaan wawancara. Apabila kondisimu sedang tidak baik, misalnya kamu sedang sakit, maka saat menjawab pertanyaan kamu akan lesu dan tidak bergairah. Disana kamu tidak dapat menunjukkan kemampuanmu secara maksimal.

Siapkan pengetahuan tentang posisi yang kamu lamar

Pertanyaan seputar pekerjaan yang kita lamar akan diajukan oleh pewawancara. Jadi jangan sampai kelewatan untuk mempelajari hal tersebut, dari sana anda dapat dinilai sejauh apa pengetahuan serta keterampilan anda.

Jangan lupa menceritakan pengalaman anda sebelumnya apabila anda sudah pernah bekerja.

Poin ini akan menjadi poin plus bagi perusahaan, karena umumnya mereka pasti akan lebih memprioritaskan orang-orang yang sudah memiliki pengalaman. Karena mereka akan berpikir lebih mudah untuk kita beradaptasi dengan pekerjaan tersebut.

Rangkai kata-kata untuk mendeskripsikan diri kalian.

Hampir semua perusahaan akan menanyakan mengenai identitas calon pekerjanya. Dan dengan merangkai kata-kata, maka kita akan siap untuk menjawab pertanyaan ini. Dan perkenalan yang memukau akan diingat oleh atasan

Jawab pertanyaan si penanya dengan jujur apa adanya jangan melebih-lebihkan.

Hal terpenting dari apa yang kita sampaikan adalah kejujuran. Umumnya staff personalia yang mewawancara kita pasti bisa mempelajari mimik wajah dan ekspresi kita, sehingga dia pasti akan tahu jika kita berbohong.

Walaupun kamu fresh graduate, jangan khawatir, tunjukkan bahwa kamu juga mampu bersaing!

Sebagai fresh graduate yang belum berpengalaman, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan kekurangan kalian. Namun, kalian juga harus berani menunjukkan kemampuan anda agar perusahaan yakin bahwa anda pantas untuk posisi tersebut dan akan mudah beradaptasi.

Jangan gugup

Gugup dapat membuat kita terbata-bata dalam menjawab pertanyaan pertanyaan. Gerak gerik kita seperti tangan yang tidak bisa diam, kaki yang terus anda gerak-gerakan dapat membuat pewawancara tidak nyaman.

Nyatakan dirimu siap bergabung sesegera mungkin

Jika perusahaan benar-benar sedang membutuhkan pekerja untuk suatu posisi, maka ia tidak akan terlalu selektif. Jika kamu dirasa cukup memenuhi persyaratan, maka mereka akan menerimamu sebagai opsi tercepat mereka.

Tatap mata pewawancara dan pastikan anda mendengarkan dengan serius

Pewawancara akan merasa bahwa anda memperhatikannya dan menghargainya. Dari sini mereka dapat menilai seperti apa dirimu dan sejauh apa kamu pantas bergabung dengan perusahaan mereka.

Kajian Penulis

Selalu tunjukkan semangat yang baru setiap hari, sebarkan nilai positif dalam diri dan teruslah gigih dalam berusaha.

10 tips tadi dapat kalian terapkan ketika datang untuk wawancara dan perusahaan pasti akan mempertimbangkan diri kalian. Apabila kalian sudah berhasil dalam proses wawancara, maka proses selanjutnya adalah beradaptasi sebaik mungkin dengan pekerjaan kalian dan jadilah asset perusahaan! Sekian yang dapat author bagi kepada para pembaca. Semoga bermanfaat, ya!

The following two tabs change content below.

Desy Natasia

Menulis adalah tentang mengekspresikan diri. Jika ingin mengenalku, bacalah tulisanku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.