Menyapa Teman Lama Anti Canggung? Yuk simak tips berikut!

Telah dibaca 169 kali

Sahabat viewers mungkin beberapa dari kalian ketika bertemu dengan teman lama merasa senang dan sekaligus bikin deg-degan namun ada juga canggung untuk menyapa. Bisa jadi teman lama yang kita jumpai adalah teman lama yang tidak terlalu dekat ataupun bisa jadi dia adalah mantan gebetan kamu. Pasti bingung banget nih!

“Aduh musti gimana ya?”

“Apakah dia masih mengenalku”

“Apa yang harus dibicarakan nih?. Udah lama enggak ketemu, takut canggung”

“Aku kenal sih, tetapi males ah menyapa, mendingan aku sembunyi”

Nah, beberapa respon diatas adalah ilustrasi ketika kalian bertemu teman lama. Ada yang merasa bingung harus menyapa atau tidak. Ada pula yang ingin menyapa, tetapi bingung harus menyapa seperti apa. Nah kali ini author akan memberikan beberapa tips untuk sahabat viewers agar tidak bingung ketika bertemu teman lama.

Alasan kamu sebaiknya menyapa teman lama ketika bertemu.

Beberapa orang mungkin lebih memilih berpura-pura tidak melihat ketika bertemu teman lama. Ada pula yang kabur dan menghindar. Apakah hal tersebut benar untuk dilakukan? Ini dia beberapa alasan sebaiknya kalian menyapa teman lama ketika bertemu.

Menjaga tali pertemanan.

Menjaga jalinan hubungan yang baik dengan teman adalah sesuatu hal yang baik. Meskipun hari ini kita tidak memerlukan mereka, kita tidak akan tahu yang terjadi dimasa depan. Jadi menjaga seluruh hubungan yang baik itu sangatlah penting.

Mempertahankan relasi

Relasi sangatlah penting bagi setiap orang. Contohnya saja ketika seseorang ingin memulai bisnis online, tentunya kita bisa meminta bantuan beberapa teman lama untuk ikut mempromosikan bisnis kita, bahkan kita bisa mendapatkan bantuan secara gratis. Bisa juga ketika kita bingung mencari kerja, beberapa teman lama mungkin bisa dihubungi untuk membantu kita.

Menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dewasa dalam bersikap

Ini dia hal yang penting juga. Beberapa alasan orang tidak mau bertemu dengan teman lama adalah ditanya pertanyaan yang tidak ingin kamu jawab ataupun kamu mungkin minder atas apa yang teman lamamu punya. Sapa saja mereka, apapun keadaanmu. Temanmu pasti akan menilai kamu adalah orang yang tetap humble meskipun sudah lama tidak bertemu.

Ini dia tips menyapa teman lama anti canggung!

Beberapa tips buat kamu yang suka bingung, nih kalau ketemu teman lama harus bersikap seperti apa dan biar obrolannya enggak sekedar dianggap basa-basi!

Sapa dengan ramah dan tanyakan kabarnya.

Pastinya setelah sekian waktu tidak bertemu, kalian akan senang bertemu dengan teman lama. Dan kalaupun ada yang tidak senang, kalian harus tetap tersenyum, ya! Sapa saja dengan kata “hallo”, jika responnya baik, coba tanyakan lagi kabarnya. Apabila kamu sedang terburu-buru, bisa lakukan satu cara ini saja sudah cukup kok!

Tanyakan bagaimana kehidupan yang mereka jalani selama ini

Tidak bertemu dalam jangka waktu tertentu, lalu kalian melakukan pertemuan dan memiliki waktu berbicara yang panjang dengan teman lama. Jangan lupa tanyakan hal ini ya! Beberapa teman akan senang membagi kisahnya kepada kalian. Dan apabila mereka tidak tertarik membahasnya, jangan terlalu dipaksa ya!

Jangan menanyakan sesuatu yang sifatnya bisa menyinggung

Setelah sekian lama tidak bertemu, pertemanan kalian mungkin akan mulai terasa canggung. Jangan sampai salah bertanya ya sahabat viewers, yang ada nanti teman lamamu kesal. Tetapi jika kalian sudah dekat dengan mereka sebelumnya, hal ini mungkin masih bisa ditoleransi.

Jangan sekali-sekali menyombongkan diri.

Meskipun sebenarnya pencapaian kamu selama ini lebih hebat dibanding teman lamamu, kamu tidak perlu terlalu membicarakannya, bersikap biasa-biasa saja ya! Beberapa mungkin akan senang mendengarnya, tetapi tidak jarang juga justru akan membuat mereka berpikir kalau kamu hanya ingin pamer.

Jangan langsung curhat

Jika setelah sekian lama tidak bertemu, jangan sekali-kali langsung menceritakan semua permasalahanmu, ya! Apalagi masalah keuangan. Yang ada teman lamamu mengira kamu ingin meminta bantuannya dan merasa enggak nyaman dengan hal tersebut. Padahal kan niat kalian cuma berbagi cerita. Tetapi jika kamu merasa sudah sangat dekat ya hal ini fine-fine saja dilakukan.

Menanyakan kabar keluarganya.

Selain menanyakan kabar teman lamamu, kamu juga akan terlihat ramah ketika menanyakan kabar orang-orang terdekatnya yang kamu tahu, seperti orang tuanya. Mereka tentu akan senang menjawabnya dan bila ada masalah mungkin kamu bisa bantu mendengar dan memberikan nasihat yang bijak.

Kajian Penulis

Bertemu teman lama kadang bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Jadi, kalian harus tetap punya cara untuk menyapa mereka ya! Apapun caramu jangan sampai membuat hubunganmu dengan teman lama menjadi terputus. Karena bagaimanapun manusia adalah makhluk sosial yang selalu perlu bersosialisasi dengan orang-orang sekitarnya. Author juga sudah menjelaskan betapa pentingnya menjaga hubungan dengan teman lama. Jadi kalian harus tetap menjaga hubungan baik kalian ya!

“When we forget old friends, it is a sign we have forgotten ourselves”

(Saat kita melupakan teman lama, itu pertanda kita sudah lupa diri sendiri)

-William Hazlitt-

Nah itulah tips menyapa teman lama anti canggung. Sahabat viewers yuk baca juga artikel menarik yang satu ini , yaitu mengenai Tipe – tipe teman. Perluas pergaulan dan pengalaman positif kalian yaa.

The following two tabs change content below.

Desy Natasia

Menulis adalah tentang mengekspresikan diri. Jika ingin mengenalku, bacalah tulisanku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.