Ingin Jadi Fotografer? Butuh Lebih Pengetahuan tentang Kamera!

Telah dibaca 845 kali

Hey sobat KLC. Bertemu kembali dengan saya, pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai seputaran dunia fotography (fotografer). Mendengar kata fotography apa yang terbesit di fikiran kalian ? Pasti yang pertama yang kalian bayangkan adalah kamera yang mahal.

Fotography berasal dari kata “photos” yang berarti cahaya dan “grafos” yang berarti melukis, jadi istilah fotography adalah proses melukis dengan memanfaatkan media cahaya. Untuk kalian yang ingin terjun ke dunia fotography tidak perlu merasa minder karena tidak mempunyai kamera yang mahal/canggih.

Syarat Menjadi Seorang Fotografer

Menjadi seorang fotografer anda tidak hanya harus mempunyai kamera canggih dan memahami teknik memotret. Ada beberapa syarat menjadi seorang fotografer yang sebenarnya cukup mudah unuk dipelajari. Beberapa keahlian yang harus dimiliki tersebut sangat mendukung profesi dan nantinya bisa memuaskan konsumen/model yang anda foto maupun objek yang anda inginkan. Untuk lebih jelasnya, mari simak tentang beberapa syarat menjadi seorang fotographer :

Keahlian Editing Foto

Beberapa fotographer yang sudah tergabung dalam perusahaan yang terdapat tim di dalamnya mungkin akan bekerja lebih ringan. Misalkan pada studio foto yang telah di bungkus ke dalam beberapa sub team, salah satunya yang berperan adalah seorang editor. Pada event pre-wedding foto yang keluar tidaklah hasil semata-mata hanya jepretan kamera, melainkan mengalami proses editing, dengan tujuan mempertajam hasil foto dan tentunya agar telihat lebih indah pada saat di cetak. Di dalam perusahaan anda hanya menyerahkan hasil kepada divisi editor, tapi bagaimana dengan jika anda seorang diri ? mulai dari pengambilan gambar hingga hasil akhir.

Keahlian editing foto inilah yang sangat penting dan sepertinya menjadi hal yang “wajib” dimiliki seorang fotographer modern. Jika anda belum memiliki skil editing foto, anda tidak harus dituntut untuk kuliah, anda bisa juga mempelajarinya melalui kursus yang ada, adapun cara lain yaitu mempelajarinya secara otodidak, salah satunya dalam website ini “krishna learning center” akan memposting pembelajaran editing foto, dan hal yang mengenai dunia fotography lainnya. Terus ikuti postingan-postingan kami lainnya ya.

Kemampuan Design Graphic

Mendengar kata design graphic ini masih berhubungan dengan hal diatas. Jadi selain editing dasar anda juga harus menguasai design graphic. Sering kali seorang fotographer diminta membuatkan berbagai cetakan setelah pemotretan, seperti banner, spanduk, kolase, brosur dan lain-lain. Dalam hal ini keahlian design graphic perlu dimiliki fotographer dan cukup berguna juga untuk membuatkan “tanda air” (watermark) pada hasil karya yang anda buat.

Memiliki Kemampuan Komunikasi

Teknik ini agaknya sangat berguna untuk sesi pengembangan anda, untuk mendapatkan client dan menarik client , anda harus mempu berkomunikasi dengan baik, selain itu dalam proses pemotretan juga anda dituntut harus memiliki skil komunikasi yang baik dan lancar, terutama pada pemotretan dengan model, seperti : foto modeling, foto pre-wedding, foto keluarga ataupun acara ulang tahun. Anda wajib untuk melakukan komunikasi dengan baik terhadap konsumen.

Contohnya saat pemotretan pre-wedding anda harus mampu mengarahkan bagaimana posisi kedua pasangan, bagaimana gaya pose atau bagaimana cara berekspresi yang pas. ( ingat, tidak semua orang terbiasa difoto oleh fotographer ) lain hal dengan pemotretan dengan orang yang berpengalaman. Bagaimana pun juga anda harus membuat konsumen senyaman mungkin di foto.

Miliki Wawasan yang Luas

 Memiliki wawasan yang cukup luas membuat seorang fotographer terlihat professional. Terutama pada saat anda mengikuti lomba foto, anda mengambil jenis foto landscap atau wildlife, pada saat sesi presentasi skil ini sangat berguna untuk anda sebagai nilai plus.

Selain itu skill ini sangat berguna bagi anda yang ingin terjun di dunia fotography jurnalistik. Minimalnya, wawasan anda sangat berguna saat mengupload sebuah foto dengan objek alam disertai dengan keterangan singkat. Jadi, selain berbagi karya, anda bisa berbagi pengetahuan juga.

Kuasai Videography Dasar

Lihatlah fungsi kamera lainnya, terdapat fungsi/fitur perekaman yang dapat mendukung skill anda. Pada dewasa ini konsumen banyak yang menggunakan jasa fotographer yang mencakup foto dan video, alangkah baiknya jika anda menguasai teknik videography dasar untuk mendukung karier anda maupun sekedar hobby anda.

fotografer

            Demikianlah penjelasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini anda mengerti bahwa setiap profesi ada kemampuan yang harus dimiliki sebelum kalian terjun ke dunia itu sendiri. Untuk menambah wawasan lebih lanjut lagi terus ikuti artikel saya pada postingan di website Krishna Learning Center.

Bermimpilah setinggi langit, jika anda terjatuh. Anda akan jatuh di antara bintang-bintang

The following two tabs change content below.

Agus Fadli

Jurusan Hukum at Universitas Mahendradatta
Seseorang yang senang berbagi ilmu untuk kemajuan anak-anak Indonesia

3 Replies to “Ingin Jadi Fotografer? Butuh Lebih Pengetahuan tentang Kamera!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.