Tangki Cinta? Penting engga untuk dipenuhi?

Telah dibaca 300 kali

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dengan makhluk lainnya. Manusia juga disebut sebagai makluk yang hidup untuk bermasyarakat (zoon politicon). Kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari hari, dilihat dari saling tolong menolong satu sama lain, saling menghargai perbedaan dan saling bergotong royong. Setiap manusia memiliki karakter dan keunikan yang berbeda – beda. # tangki cinta

Lahirnya setiap insan manusia, tentunya melewati beberapa fase perkembangan manusia secara umum dibagi kedalam lima tahapan, yaitu: 1) bayi, 2) anak-anak, 3) remaja, 4) dewasa dan 5) lansia. Setiap fase atau tahapan perkembangan kehidupan manusia, juga berlangsung seiring dengan proses belajar yang dilewatinya. Adapun kegiatan belajar meliputi banyak hal, diantaranya belajar menjadi terampil, belajar mengolah perasaan dan mempelajari banyak hal penting yang memiliki peranannya masing – masing.

Apa itu Tangki Cinta?

Ternyata dalam proses berkembang, setiap individu punya tugas nya masing – masing loh. Tahu nggak apa saja tugas – tugasnya? Memang benar terdapat beberapa tugas-tugas perkembangan, seperti melewati fase kematangan fisik tertentu pada fase perkembangan, adanya dorongan cita-cita psikologis manusia yang sedang berkembang dan adanya tuntutan kultural masyarakat. Maka dari itu, berfungsilah manusia sebagai makhluk sosial.

Dalam melewati setiap fasenya, dibutuhkanlah pemenuhan tangki cinta bagi setiap orang, dari anak – anak hingga orang tua. Kok bisa sih? Apa sih itu tangki cinta? Seberapa penting kah tangki cinta? Kita memang kerap tidak sadar bahwa yang terpenting adalah bisa memenuhi tangki cinta secara emosional. Hal ini juga berdampak bagi kualitas masa depan seseorang dan sebagai acuan dalam menopang hidup.

Nah ini dia penjelasan lengkap nya tentang tangki cinta, disimak yuk!

 Jadi Tangki Cinta adalah sebuah ukuran pemenuhan kebutuhan yang dibutuhkan untuk selalu diisi setiap insan manusia. Beda halnya Tangki bensin untuk penampung bahan bakar kendaraan, tapi kali ini berkaitan dengan bagaimana seseorang bisa berkembang dan bisa meminimalisir masalah dalam kehidupan. Tangki Cinta merupakan Bahasa cinta yang diumpakan sebagai Tangki yang didalamnya harus diisi dengan 5 pemenuhan yang penting.

Yang pertama, sering kita kenal dengan Pujian!

Kebutuhan yang pertama adalah Pujian, karena setiap insan manusia yang sedang melakukan sesuatu, menyelesaikan sebuah prakarya ataupun tugas – tugas disekolah, dikantor memerlukan pujian atas apa yang telah dilakukannya. Contohnya saja kayak gini: “wah lukisan kamu unik yah nak, warna – warna nya abstrak tapi tetep indah”, walaupun disekolah atau ditempat ia mengenyam Pendidikan, lukisannya sangat berbeda dengan siswa lainnya. Tetapi itulah kreativitas, karena setiap orang punya jiwa seni yang berbeda.

Berikan sebuah pujian yang positif dibarengi dengan tindakan mendukung untuk terus berusaha. Memberikan kritik dengan Bahasa cinta yaitu pujian itu sendiri, dengan meninggalkan kesan saling menghargai.

Yang kedua, perlindungan dan rasa aman!

Kita semua butuh yang satu ini, perlindungan dan juga rasa aman. Sering ngerasa aman kalo dekat dengan siapa sih? Ayah? Pacar? Ternyata itu hal yang wajar. Setiap insan manusia, dari bayi hingga menjadi orang  tua, tentunya mengharapkan hal tersebut. Misalnya saja, anak perempuan lebih aman dan merasa terlindungi ketika pergi keluar rumah bersama Ayah, diantar langsung oleh Ayah.

tangki cinta

Begitu pula, seorang ibu selalu mengingatkan untuk makan teratur, selalu mengkonsumsi vitamin dan tidak keluyuran hingga larut malam, hal ini dapat memberikan perlindungan bagi diri untuk jauh dari penyakit dan kasus berbahaya lainnya.

Yang ketiga, Penghargaan!

Segala usaha yang telah dilakukan untuk mewujudkan sesuatu hendaknya diberikan penghargaan, baik berupa barang maupun sebuah perlakuan yang baik. Dengan begitu, setiap orang akan merasa dihargai, tidak ada konflik yang terjadi, tidak ada kecemburuan sosial, bahwa yang berhasil saja yang mendapatkan penghargaan. Pernah merasakannya? Ketika sudah berjuang keras tapi tidak dihargai? Yah setiap orang mungkin pernah merasakannya.

Semua berawal dari tindakan sederhana dengan, memberikan penghargaan kecil atas setiap usaha, sudah lebih baik daripada tidak sama sekali. Sama halnya dengan, sang anak sedang berusaha keras belajar untuk persiapan UN, sampai begadang dan terus berusaha, sebagai pendamping (orang tua), hendaknya tetap menghargai baik dengan ngajak makan bareng, mencari hiburan sebentar dengan main bareng atau saat UN usai sang anak diberikan hadiah. Hal ini sebagai bukti memberikan penghargaan atas usaha yang telah dilakukan. Jadi dengan begitu sang anak akan merasa bahwa selama ini usaha nya dihargai.

Yang keempat, Kasih Sayang!

Kebutuhan rasa cinta, kasih dan sayang yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan. Yang bisa diberikan dan diterima oleh siapapun, dan kapanpun. Bisa dimulai dengan memberikan perhatian, saling menanyakan, menunjukkan rasa peduli satu sama lainnya.

Yang kelima, Aktualisasi Diri!

Setiap orang memiliki cita – cita, memiliki tujuan yang ingin dicapai. Maka berikanlah ruang dan kesempatan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Jangan dikekang, jangan dihambat karena itu akan membuat kebutuhan pada Tangki Cinta akan berkurang. Misalnya, walaupun secara keturunan ia dari keluarga kesehatan, tetapi dirinya memiliki potensi dalam bidang seni, ya biarkanlah. Malah seharusnya, sebagai orang terdekatnya, mendukung dan selalu memberikan dorongan untuk menunjukkan siapa dirinya.

Kesimpulan

Baiklah, jadi itu dia penjelasan pentingnya pemenuhan kebutuhan Tangki Cinta dalam kehidupan sehari-hari. Baik dimulai dalam ruang lingkup keluarga, teman maupun dimasyarakat. Tanpa disadari kita jarang melakukannya tapi lebih banyak melanggar. Hal ini lah yang membuat konflik sosial, konflik intern bisa terjadi. Pentingnya Tangki Cinta agar dalam kehidupan bisa selalu dalam lingkup kebahagaiaan.

mengisi Tangki Cinta setiap waktu yang kaupunya, manfaatkan setiap kesempatannya, sama dengan menghargai hembusan nafas tiap detiknya.

The following two tabs change content below.

Khania Pranisitha

Announcer at FBI Bali Radio
Si gadis yg selalu mengudara menemani pagi siang dan malamnya para anak muda pecinta musik2 hits masa kini

3 Replies to “Tangki Cinta? Penting engga untuk dipenuhi?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.