Malas belajar dan susah dijalanin? Yuk simak penjelasannya!

Telah dibaca 17 kali

Hai sobat viewer. Masih setia dong, baca artikel-artikel terbaru yang ada disini? Kali ini kita akan membahas tentang belajar. Hayoloh, siapa disini yang masih aja malas belajar? Jadi, kita akan mencari tahu apa sih, penyebab utama dari malas belajar. Sebenarnya, belajar ilmu apa saja sangat menyenangkan jika kalian tau bagaimana metode yang tepat. Banyak sekali asumsi diluar sana kalau belajar itu tidak mengasyikkan, bikin suntuk, lebih seru bermain ponsel daripada belajar.

Banyak juga diantara kita semua yang menganggap belajar adalah sebuah kegiatan yang sangat membosankan. Padahal, setiap hal sekecil apapun pasti kita lakukan dengan belajar terlebih dahulu. Karena, segala sesuatu harus bisa dipahami baru bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Belajar itu bukan beban, tapi kewajiban setiap manusia, loh. Jadi, yang pertama kita akan membahas penyebab utama tidak bersemangat dalam belajar.

Malas belajar, Penyebab utamanya?

Mungkin sekarang kamu sedang di hadapi dengan problema hebat, dimana kamu harus menekan diri kamu sendiri untuk belajar lebih giat agar berhasil lolos dalam ujian masuk perguruan tinggi. Berat sekali sih, apalagi di zaman yang modern ini. Di suguhkan berbagai macam keseruan di media sosial karena kemajuan teknologi yang semakin canggih, sebuah ketidakmungkinan jika minat lebih terpusat dan tertarik kepada hal-hal tersebut. Apalagi tontonan di berbagai aplikasi tersedia dengan sangat lengkap. Dengan modal jaringan internet saja, sudah bisa untuk mendapatkan semuanya tanpa susah payah.

Sekarang hanya tinggal mengklik dengan jari saja. Seseorang sudah bisa memesan makanan sambil duduk di rumah menunggu pesanan datang, begitu pula barang lain. Pekerjaan hanya dengan berbicara dan berinteraksi dengan orang lain melalui kamera juga menyenangkan, selain memberi peluang untuk menjadi lebih populer, penghasilan yang di dapat tak kalah menyegarkan. Nah, karena hal tersebut bisa jadi ketertarikan untuk membaca buku cenderung sedikit,  sehingga rasa malas pun semakin banyak menghampiri. Kalian yang selalu ingin merasa terhibur dengan hal-hal yang di suguhkan di media sosial seperti nya kesulitan untuk memfokuskan diri pada minat belajar. Dengan menggunakan aplikasi belajar juga kurang memungkinkan, bisa jadi akan terunduh namun tidak pernah di buka. Ya kan?  So, guys! Kalau memang media sosial adalah penyebab ketertarikan dalam belajar kalian teralihkan, kalian harus melakukan cara berikut!

Agar tidak malas belajar: No ponsel or yes?

Catat kalimat ini di kepala kalian ya. Jadi, yang pertama adalah kalian harus menanamkan pikiran positif. Dengan terlalu sering membuka sosial media hal itu hanya membuat kalian sering memainkan ponsel. Akibatnya, mata kalian sakit dan menjadi malas untuk melakukan hak lain selain memandang layar ponsel. Bangun prinsip hidup, kalau malas belajar tidak akan mendapatkan apa-apa. Hentikan sifat gengsi dalam diri, tidak usah mengharuskan diri untuk memiliki citra yang tinggi di dunia maya —media sosial. Hanya dengan memiliki pengikut banyak bukan berarti seorang tersebut dapat di katakan paling baik kok.

Sekarang fokuskan ke hal yang paling penting.

Tanamkan di hati kalau akun media sosial tidak lebih penting dari sebuah pendidikan, buku dan mimpi kalian. Jadi kejar dulu apa yang harus di kejar. Bersantai sekarang tapi menyesal di kemudian hari tentu tidak mengenakkan. Lepaskan pikiran yang berlebihan terkait konten yang menyenangkan di media sosial. Sekarang, tancapkan konten membangun di kepala sebanyak-banyaknya dan terus belajar yang giat agar otak bekerja semaksimal mungkin untuk mencerna, memahami dan mengingat. Tenangkan pikiran, fokus dan jangan mengalihkan perhatian kepada ponsel. Ketika belajar jauhkan ponsel jika menurut kalian ponsel lah penyebab utama kalian kehilangan rasa fokus. Hilangkan beban pikiran  yang menumpuk. Masalah pacar, followers yang sedikit, doi yang gak peka, gebetan yang di rebut temen, dia yang pergi pas lagi kangen-kangen nya, udah deh! Lupain dulu. Semua hal itu gak membantu kalian sama sekali untuk menjadi pribadi yang sukses ke depan nya!

Perbanyak doa dan membaca hal-hak yang dapat memberikan motivasi kepada diri kalian untuk bangkit dari rasa malas ini. Kalau aku pribadi sih, lebih suka nonton video inspiratif dari berbagai kalangan dengan kapasitas otak yang baik. Seperti menonton kisah atau pengalaman orang-orang yang berhasil lolos beasiswa, kisah orang-orang sukses dan yang lain. Di youtube kan sekarang banyak tuh! Kalian bisa subscribe channel Maudy Ayunda, Deddy Corbuzier, Nihongo Mantappu, Najwa Shihab dan masih banyak lagi. Gausah nonton video prank yang gak jelas  ya gak nambah pengetahuan sama sekali, bikin kalian jadi orang jahil sih iya! Buat cara belajar yang menyenangkan untuk kalian dan cari waktu dan tempat yang sesuai alias nyaman untuk memulai pelajaran!

Kajian penulis

Dari segala aspek diatas bisa saya simpulkan bahwa belajar tidak akan membuat suntuk jika kita mengetahui bagaimana cara yang mengasyikan dan disesuaikan dengan porsi masing-masing. Melalui hobby juga sangat membantu. Jika youtube adalah sumber ketertarikan kalian dalam bermain ponsel, maka kalian bisa menggunakan youtube untuk belajar dengan membuka channel yang tepat. Untuk istirahat kalian bisa membuka channel hiburan, seperti musik dan kuliner. Satu hal yang harus kalian ingat, belajar bukan hanya membaca buku pelajaran disekolah. Tetapi, belajar adalah seluruh aspek awal sebelum kalian mulai memahami sesuatu hal dan mempraktekkan nya. Karena segala hal apapun dimulai dengan belajar terlebih dahulu, sama hal nya dengan saya menulis artikel ini. Semoga bermanfaat ya.

Agar hari-hari kalian dirumah tidak membosankan yukk dibaca juga artikel lainnya tentang tips menanggulangi bosan belajar

Artikel by: Malsa mega lestari

Editor : -NR-

The following two tabs change content below.
Sini yuk, membaca artikel yang seru dan ga ngebosenin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.