SKS (Sistem Kebut Semalam) vs Sistem Terjadwal?

Telah dibaca 27 kali

Halo sobat viewers! Semuanya apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Sekarang waktunya kita mengenal lebih jauh nih, apakah sobat viewers dominan menyelesaikan PR, tugas – tugas dan pekerjaan menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS) atau Sistem Terjadwal nih?

Apa itu SKS ?

Nah, Sistem Kebut Semalam atau yang sering kita kenal dengan sebutan SKS adalah cara cepat menuntaskan tugas – tugas dalam waktu semalam saja. Mayoritas remaja jaman sekarang juga menerapkan sistem ini, tetapi ada juga yang terbiasa menggunakan jadwal agar kegiatannya lebih tertata loh. Sistem terjadwal adalah cara yang digunakan untuk mengatur kegiatan berdasarkan waktu dan tempat yang telah dirinci melalui jadwal.  

Kedua sistem ini muncul karena kebiasaan yang sering dilakukan dirumah, tidak hanya saat masih bersekolah, saat mengenyam Pendidikan kuliah hingga bekerja pun kebiasaan ini akan terus mengikuti. Tapi apakah SKS selalu berdampak negatif?? Dan bagaimana dengan Sistem Terjadwal, dapat dilakukan dengan kosisten? Yuk kita simak ulasannya berikut ini!

Ini dia nih manfaat negatif dan positif SKS!

(a) Negatifnya terbiasa dengan SKS adalah Kondisi otak jadi panik, gelisah, cemas  karena terus-terusan diberi materi dan dipaksa untuk mengingat memori  dalam jumlah yang banyak.

ambisi obsesi

(b) Belajar semalaman akan berujung dengan begadang. Sobat viewers juga tahu kan kalo tidur dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan fokus. Ngga seru banget kan kalau gagal fokus pas Ujian. Otak membutuhkan protein untuk melakukan pekerjaan yang didapat melalui tidur malam hari.

Sisi positif dan negatif lainnya ?

(c) SKS mengandalkan memori jangka pendek alias short term memory. Saat mengerjakan soal di siang harinya, kalimat populer yang akan diucapkan adalah “Padahal semalam sudah dipelajari nih, apa ya jawabannya, pas ujian malah lupa, ngeblank“. (d) Tapi yah SKS juga punya positifnya nih, lebih menghargai waktu dengan segudang aktifitas yang dijalankan, seperti waktu les, bermain yang sifatnya produktif. (e) Belajar pun menjadi lebih serius dan dapat menghafal dengan cepat, terutama materi – materi penting yang akan dihadapi.

Manfaat negatif dan positif dengan Sistem Terjadwal!

(a) Mengurangi stress dan depresi, tentunya dengan adanya jadwal yang tertata akan menumbuhkan ke disiplinan terhadap waktu, bisa menyelsaikan segala pekerjaan dengan efektif dan kreativitas pun bisa terus berkembang. (b) Pola makan teratur bisa diwujudkan dengan baik karena sudah terbiasa dengan jadwal yang yang teratur untuk dilakukan.

Sisi positif dan negatif lainnya ?

(c) Tidur lebih nyenyak, adalah yang paling penting agar bekerja dan belajar pun bisa dilakukan tanpa tekanan dan bisa maksimal. (d) Apabila sobat adalah sosok yang ambisi bisa berujung frustasi apabila aktivitas yang dilakukan tidak sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dari jauh jauh hari. (e) Memunculkan kegelisahan ketika ada agenda diluar jadwal juga bisa terjadi, ketika agenda – agenda tak terduga menghampiri sobat dan kebingungan karena tidak terbiasa dengan hal itu.

Strategi mengatur SKS vs Sistem Terjadwal!

Ini dia nih Strategi dalam menerapkan SKS : (a) Jika memiliki banyak aktivitas, cobalah belajar mengelola waktu sehingga pendidikan tidak dikorbankan, (b) belajar untuk menulis kembali catatan dari kelas di rumah, untuk membiasakan  otak lebih mudah menyimpannya sebagai memori, (c) buatlah catatan kecil dengan bahasa yang mudah dimengerti, (d) Cobalah mengetes diri sendiri tentang materi-materi yang sudah dipelajari. Hal ini baik untuk meningkatkan kemampuan mengingat dan memperbaiki kelemahan yang dimiliki.

Ini dia nih Strategi dalam menerapkan Sistem Terjadwal : (a) Membuat to do list dan aktivitas tambahan dengan ukuran waktu yang pas jadi mudah mengatur tiap harinya, (b) menentukan tujuan dan target tiap hari agar menjadi lebih produktif dan tidak membuang buang waktu, (c) bertanggung jawab dan kosisten untuk terus membuat to do list secara  berkala dan (d) mulai melatih diri dengan kedisiplinan waktu.

Ku kebut kau semalam, kudapati sakit dirasa, Ku tata dengan jadwal, kusambut dengan bahagia

The following two tabs change content below.

Khania Pranisitha

Announcer at FBI Bali Radio
Si gadis yg selalu mengudara menemani pagi siang dan malamnya para anak muda pecinta musik2 hits masa kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.