Susah beradaptasi dengan lingkungan baru? Lakukan 5 tips ini dan berbaurlah dengan orang-orang baru.

Telah dibaca 191 kali

Hallo sobat viewers, kali ini author akan membahas salah satu kemampuan manusa yaitu beradaptasi dengan lingkungannya. Mungkin bagi sebagian orang hal ini bukanlah hal yang sulit, namun bagaimana kabarnya dengan orang-orang yang kesulitan dalam menghadapi lingkungan baru? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

beradaptasi

Beradaptasi dengan lingkungan baru

Salah satu kemampuan manusia adalah beradaptasi dengan lingkungannya. Namun sebagian orang kerap kali mengalami kesulitan beradaptasi ketika harus dihadapkan dengan lingkungan baru. Ia akan merasa bahwa lingkungan baru seperti mimpi buruk. Dimana seseorang akan bertemu orang-orang baru dengan karakter berbeda serta suasana yang berbeda dengan lingkungan lama yang telah akrab dengannya.. Ketika kita mengalami kesulitan dalam beradaptasi, maka kita akan lebih mudah jenuh, tertekan dan tentunya akan berpengaruh bagi kinerja kita. Disini author ingin membagikan 5 tips agar para pembaca yang mengalami kesulitan dapat berbaur dengan mudah dengan orang-orang baru.

Beberapa penyebab seseorang susah beradaptasi dengan lingkungan baru

  1. Pemalu dan kurang percaya diri

Karakter inilah membuat kamu agak sulit beradaptasi. Kamu malu untuk berkenalan dan memulai pembicaraan. Sehingga orang pun akan ragu untuk memulai pembicaraan denganmu melihat kamu yang pemalu.

2. Kamu bukan tipe yang gemar berbasa-basi

Salah satu tipe orang Indonesia adalah berbasa-basi. Namun hal itu juga terkadang dianggap penting untuk memulai suatu perkenalan. Berbasa-basi bisa menjadi jalan untuk kamu mulai dekat dengan seseorang. Namun, jika kamu tidak gemar berbasa basi dan langsung to the point maka akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan teman baru. Pembicaraanmu akan terkesan sangat singkat.

3. Kamu tipe orang yang serius

Candaan atau jokes bisa menjadi alat pemersatu. Dalam pergaulan kita harus memiliki selera humor agar membuat suasana lebih cair dan menyenangkan. Namun, apabila kamu tipe orang yang tidak terlalu suka bercanda maka kamu akan kesulitan dalam menemukan teman. Orang-orang akan cenderung takut mengajakmu bercanda karena melihat emosi dan ekspresimu yang selalu serius.

5 tips beradaptasi dengan lingkungan baru

  1. Tetap menjadi diri sendiri

Dengan tetap menjadi diri sendiri, itu artinya kamu membiarkan orang lain mengenalmu sesuai dengan apa adanya dirimu. Sehingga kamu tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain untuk menyukaimu. Tetap sopan dan ramah pada orang lain, maka yakinlah orang-orang baru akan merespon keberadaanmu dan mulai menerimamu.

2. Berhenti memikirkan duniamu yang lama dan mulai fokus dengan duniamu yang baru

Terkadang ketika kita sudah masuk ke dunia baru, kita akan susah lepas dari bayang-bayang dunia lama. Misalnya kamu susah lupa dengan perlakuan orang lama yang benar-benar menghormatimu dan di dunia baru orang-orang cenderung acuh tak acuh dan tidak pedulian. Ada pula teman dekatmu di lingkungan lama dan dil lingkungan baru kamu bahkan belum menemukan satu teman pun. Jangan risau, ini hanya tentang proses, cepat atau lambat kamu pasti akan menjadi seseorang yang terbiasa dengan lingkungan barumu.

Tips berikutnya…

3. Mulailah dengan percakapan yang singkat

Menyapa dengan kata “hello” atau “hai” dan “selamat pagi” bisa menjadi alat untuk kamu bersikap ramah pada orang. Orang lain pun akan mulai merasakan keberadaanmu dan tentunya akan memberikan kesan yang baik untuk perkenalanmu.

4. Berbaurlah dan mulailah percakapan

Ketika orang-orang baru sedang berbaur, ikuti saja. Meskipun kamu tidak mengerti dengan apa yang mereka bicarakan, berbaur saja dan ikuti alur pembicaraan mereka. Apabila kamu tidak ingin berkomentar, berikan saja ekspresi senang ketika kamu berbaur dengan mereka. Dan apabila memang kamu mengerti dengan yang dibicarakan, mulailah angkat bicara. Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan, karena orang-orang baru bisa saja tidak menyukai kamu yang terlalu banyak bicara.

5. Jangan mudah baper

Ketika berada dilingkungkan baru, kita memang harus pintar-pintar dalam bersikap. Kadang ada beberapa hal yang kita lakukan tidak disukai oleh orang lain. Sikap dan karakter mereka masih belum kita pahami, sehingga jangan terlalu baper dengan apa yang mereka lakukan dan katakan. Di dunia ini ada ribuan karakter yang dimiliki manusia, mungkin di dunia yang lama orang-orang sangat ramah padamu, bisa saja di dunia baru orang-orang akan cenderung sinis kepadamu.

Nah itu dia sobat viewers, beberapa tips untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Jangan takut untuk memulai hal baru dan jangan pula terlalu senang berada di comfort zone. Sekali-kali kamu harus mulai melangkah keluar dan carilah suasana baru untuk menjadi lebih baik. Apabila kamu berada di comfort zone terus-terusan, kapan kamu akan berkembang dan mengenal dunia lebih luas lagi?

Sekian Tips beradaptasi di lingkungan baru dari kami, jangan lupa mengunjungi artikel kami yang lainnya di https://krishnalearningcenter.com/news/

The following two tabs change content below.

Desy Natasia

Menulis adalah tentang mengekspresikan diri. Jika ingin mengenalku, bacalah tulisanku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.