4 Tipe Teman yang Harus Diwaspadai dalam Pergaulan

Telah dibaca 0 kali

Hallo sahabat viewers, sebagai makhluk sosial, kita pasti memerlukan bantuan orang lain dalam menjalani kehidupan ini. Selain keluarga, kita pasti memerlukan teman. Dalam pergaulan, entah itu di rumah, di sekolah atau di dunia kerja nantinya. Tidak semua teman dapat bersikap sesuai dengan keinginan kita. Dalam menjalani kehidupan ini, ada berbagai macam karakter tipe teman yang akan kita jumpai.

Ada teman yang sejalan, ada pula yang berlawanan dengan kita. Ada beberapa tipe teman yang harus kita waspadai dalam pergaulan, karena mereka memberi dampak negatif yang membuat kita terganggu dalam menjalani aktivitas.

Bagaimana mendefinisikan teman?

Setiap orang punya definisi tersendiri, ada yang menganggap bahwa teman itu sama dengan sahabat yang selalu ada untuk berbagi suka dan duka. Begitu pula teman adalah seseorang yang akan selalu membantu kita dalam keadaan apapun. Teman juga adalah mereka yang kita ajak berjuang bersama-sama.

tipe teman

Dibalik semua definisi teman tadi, ada beberapa orang yang mungkin menjumpai tipe teman yang tidak sesuai dengan definisi tadi. Tipe-tipe teman yang dimaksud justru membawa kerugian bagi mereka yang diajak berteman, sehingga orang-orang tersebut harus diwaspadai dalam pergaulan.

Teman yang gemar membicarakan keburukan orang lain

Tipe teman satu ini harus sangat dihindari. Mereka datang dengan gosip terbaru yang terjadi, lalu siap-siap mengajak kita untuk membicarakannya. Berteman dengan tipe yang seperti ini hanya akan membuat kita ikut-ikutan menjadi seseorang yang buruk. Dengan berada di sekitar pembicaraan negatif akan menumbuhkan pemikiran serta perilaku yang negatif pula dan hal tersebut juga adalah dosa. Selain itu, tidak menutup kemungkinan, kalian akan menjadi salah satu korban gosipnya. Jadi, jangan sampai terpancing dan ikut-ikutan bergosip membicarakan keburukan orang lain, ya!

Teman yang gemar mengkritik tanpa memberikan saran

Kerap kali ketika kita sedang berada dalam fase sulit atau membutuhkan bantuan orang lain. Orang pertama yang kita cari adalah teman. Namun, terkadang beberapa teman hanya gemar mengkritik apa yang kita lakukan tanpa memberi tahu jalan keluar atau saran yang harus kita tempuh untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Tipe-tipe teman yang seperti ini hanya akan membuat kita semakin merasa buruk.

Teman dengan segudang kebohongan

Ada beberapa tipe teman yang gemar sekali menceritakan sebuah kebohongan untuk terlihat hebat didepan teman lainnya. Mengarang sebuh cerita seolah-olah apa yang diceritakan memang benar adanya. Tipe teman seperti ini biasanya sangat sering kita jumpai. Hal pertama yang harus kita lakukan hanyalah perlu mendengarkannya dengan tanpa mempercayai apa yang ia katakan.  Karena jika kita sampai mempercayainya, maka yang akan dirugikan adalah kita sendiri. Akan timbul rasa iri, benci serta dengki yang diakibatkan oleh ceritanya.

Teman yang suka datang ketika membutuhkan saja

Tipe teman seperti ini mungkin sudah sangat umum kita jumpai. Sebagai seorang manusia yang makhluk sosial, tentu kita harus saling tolong menolong. Namun, beberapa teman kerap kali melupakan apa yang telah kita lakukan. Dan ketika kita membutuhkan bantuan mereka, mereka tidak ada. Teman yang baik adalah teman yang akan selalu ada saat kondisi apapun, ya!

Kajian penulis

Jadi bagaimana sahabat viewers? Apakah kalian salah satu dari 4 tipe teman yang harus diwaspadai diatas? Atau ada teman kalian yang masuk salah satu tipe diatas? Jika kalian merasa bahwa teman-teman kalian masuk ke salah satu tipe diatas, maka sudah seharusnya kalian mulai mewaspadai pergaulan kalian. Jangan sampai tipe teman yang buruk dapat mempengaruhi kualitas dalam diri kalian. Bukan hanya barang yang harus kita cari kualitasnya, ternyata teman juga harus. Teman yang baik akan memberikan banyak keuntungan bagi kalian.

The following two tabs change content below.

Desy Natasia

Menulis adalah tentang mengekspresikan diri. Jika ingin mengenalku, bacalah tulisanku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.