Yuk Simak! 4 Tips Menjadi Public Speaker yang Hebat!

Telah dibaca 0 kali

Public Speaking atau pembicaraan di depan umum adalah salah satu komponen penting dalam hidup ini. Hampir semua pekerjaan mengharuskan kita untuk pintar dalam hal public speaking. Siswa di sekolah, mahasiswa di kampus, karyawan kantoran, manager sampai dengan presiden tentunya memerlukan keterampilan public speaker. Public speaking sangatlah susah bagi sebagian orang. Ada beberapa yang menganggapnya sebagai hal yang sangat menakutkan.

Public Speaking? Duh, takut!

Coba pikirkan 3 hal yang membuat kalian takut terhadap public speaking!

Apabila kalian memiliki kendala seperti tidak percaya diri, gugup, kerap kali lupa dengan yang harus dibicarakan, grogi ditatap banyak orang, dan masih banyak lagi. Itu artinya masih ada kesempatan untuk belajar menjadi public speaker yang lebih baik!

Hal-hal diatas adalah sesuatu hal yang wajar karena kamu belum merasakan kenyamanan ketika berbicara di depan umum.

Public Speaking sebenarnya, apasih?

Mungkin ada beberapa dari teman-teman yang berpikir bahwa public speaking adalah berbicara di depan umum seperti berdemonstrasi, berorasi, berpidato, melakukan ceramah, dll. Lalu kalian mulai berpikiran bahwa kalian tidak akan menjadi orator, penceramah ataupun presiden yang perlu berpidato di depan orang banyak.

Publik speaking merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Hal ini sangat berguna untuk berbagai bidang pekerjaan. Publik speaking bahkan bisa menjadi faktor pendukung kesuksesan seseorang. Oleh sebab itu, penting bagi kita mengetahui kiat-kiat untuk menjadi publik speakers yang baik dan cara-cara mengatasi kesulitannya.

Publik Speaking dan Percaya Diri

Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan. Memang benar kata orang, bahwa mereka yang punya kepercayaan diri, maka mereka akan menguasai publik speaking ini. Karena tanpa kepercayaan diri, tentunya kalian akan merasa takut dan gugup ketika harus berbicara di depan umum. Kepercayaan diri bisa kita mulai dengan mengetahui kekuatan atau kelemahan yang kita miliki. Publik speaking itu tentang mengasah mental kalian di depan umum. Bukan berarti hanya orang-orang extrovert saja yang  harus bisa public speaking ya! Introvert juga harus.

Ini dia 4 Tips Menjadi Public Speakers yang Hebat!

Memahami materi

Kepercayaan diri itu muncul akibat kita percaya akan diri sendiri. Salah satu cara yang ampuh adalah menabah wawasan dan pengetahuan. Apabila dalam pikiran kita tidak ada apapun atau sangat minim pengetahuan. Maka kepercayaan diri kita menjadi kurang. Oleh sebab itu, cobalah membaca banyak pengetahuan umum sesering mungkin. Agar kalian lebih percaya diri dengan apa yang akan anda bicarakan di depan umum. Jika diminta untuk berbicara secara mendadak, maka kamu sudah mempunyai bayangan karena kegiatan banyak membaca tersebut. Kamu juga akan mampu memahami apa-apa saja yang harus dibicarakan dan kamu akan terlihat menguasai materi.

Kenali dirimu dan Ketakutanmu

Semisal kamu orangnya sering kali gugup ketika harus melakukan pembicaraan di depan umum. Mungkin kamu bisa mengunyah permen atau memeluk orang disekitarmu yang kamu kenal sebelum memulai berbicara. Dan jika kamu takut menatap orang-orang disekitarmu, coba tarik nafas sejenak dan pikirkan bahwa mereka semua sebenarnya sedang mendukungmu.

Memahami situasi dan kondisi

Apabila si audience atau pendengar sudah kelihatan bosan, coba kamu berikan kata-kata penghibur diawal agar mampu menarik perhatian. Jika sudah berhasil menarik perhatian, jangan buat dirimu justru menjadi gugup. Cobalah pahami keadaan dan mulai berbicara dengan tegas.

Berlatihlah sesering mungkin di depan cermin

Kamu akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri lagi apabila kamu mengenal dirimu sendiri. Syukuri apa yang kamu punya hari ini dan lakukan introspeksi terhadap kesalahan dan kekuranganmu, salah satunya yaitu dengan bercermin. Berbicara sendiri di depan cermin bukan berarti kamu ini gila ya sobat viewers! Coba berlatih terus di depan cermin , agar mampu melihat mimik wajahmu ketika berbicara di depan umum.

Bonus tips dari author

Berdasarkan pengalaman pribadi, sebelum author memulai berbicara di depan umum, biasanya author berdoa dan ketika sudah berada di depan para audience, author akan menatap sekeliling lalu mencoba menarik nafas panjang baru memulai pembicaraan dengan nada panjang dan tinggi agar mampu meningkatkan kepercayaan diri serta perhatian audience.

Nah itu dia beberapa tips dari author untuk para pembaca! Semoga bermanfaat, ya!

The following two tabs change content below.

Desy Natasia

Menulis adalah tentang mengekspresikan diri. Jika ingin mengenalku, bacalah tulisanku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.