Suka public speaking? Menjelajahi Stasiun Radio dulu yuk!

Telah dibaca 22 kali

Halohaaa! Pertama kali yang ada dalam pikiranmu setelah mendengar kata “berbicara di depan umum” apa sih? Ceramah? Pidato? Memberikan informasi? Atau kegiatan yang sangat ingin sobat lakukan?? Nah public speaking itu merupakan kegiatan berkomunikasi didepan khalayak, baik berupa berbagi informasi, proses mempengaruhi audience dan juga bisa sebagai momen untuk menghibur loh.

Kalau udah namanya public speaking alias berbicara di depan orang banyak, menugaskan kita untuk membawakan materi yang mudah diterima, intonasi suara jelas, penggunaan waktu yang tepat dan juga penggunaan Bahasa yang sopan sesuai dengan siapa audience yang hadir.

Salah satu manfaat fasih berbicara di depan umum, menjadi nilai plus nih buat sobat viewers untuk menjelajahi stasiun radio! Walaupun di radio yang terdengar hanya suara, tetapi hal – hal yang dipelajari juga sama nih dengan penerapan public speaking yang lain. Mau tau lebih banyak soal stasiun radio? Yuk mariiiii kita bahas tuntaskan.

Apa aja sih yang ada di radio?

Rekan kerja di Radio

Di radio sobat viewers mengenal pihak – pihak yang akan diajak bekerjasama nantinya, seperti Program Director yang bertugas mengatur isi program, mengawasi selama proses siaran dan yang memiliki tanggung jawab penuh untuk radio yang dinaunginya.

Music Director bertugas menjalin kerjasama dengan musisi lokal sampai nasional, mengatur dan mengawasi setiap genre lagu yang diputarkan, Tim Produksi biasanya sebagai tim editing, baik rekaman iklan, dan keperluan insert program radio. Tim Script Writer, ya sudah pasti di bagian menulis script bagi penyiar, membuat keperluan naskah lainnya.

Tim Creative membantu PD dalam mengelola program radio agar tetap menjadi pilihan dari pendengar dan selalu memunculkan ide – ide cemerlang. Tim Marketing ya terlihat mengurusi bagian keuangan, iklan, sponsor dan kerjasama dengan agensi lain, dan Annoucer alias penyiarnya sendiri bertugas memandu setiap jalannya program siaran.

Alat – alat dalam studio radio

Alat – alat yang lumrah ada dalam studio, seperti audio mixer gunanya mengatur kendali suara yang akan dikeluarkan ke udara. Seorang penyiar harus bisa me-mix lagu dengan mixer yang disebut dengan mixing. Tapi karena jaman udah canggih, beberapa radio, udah gak perlu mixing lagi sih.

Lanjut ada headphone, untuk memonitor suara dan lagu yang diputar atau yang sedang mengudara. Terus ada juga software, tiap radio beda – beda sih yang digunain, jadi untuk mengatur semua data (lagu, script, insert, jingle, beds, dll) terus diolah menjadi sebuah informasi. Ada komputer, telephone, dan colokan hehe.

Hmmm, semua orang bisa jadi penyiar gak sih?

Wahh kalau ini mah tanpa terkecuali dari berbagai latar belakang bisa, asal sudah berbekal public speaking dan rasa humor yang lumayan lah, karena nantinya selain bertugas ngasi informasi, tapi juga bakal menghibur pendengar. Selain itu juga, mudah berbaur dengan banyak karakter manusia dan no baper. Jadi penyiar itu tidak mudah tidak juga sulit, asal senang dan patuh, huh bakal langgeng terus dan ketagihan siaran hehe. Jadi penyiar dan pekerjaan yang lain, itu semua bisa dipelajari hehe

Apa sih sebenernya yang bikin spesial menjadi penyiar radio?

Yang bikin spesial itu ketika suara kita di dengar oleh audience yang beragam, berbagai daerah, dan membuat audience bisa menerima informasi dari kita, terhibur oleh kita. Selain itu, sebagai tantangan juga, jadi bagaimana pun kondisi kita, mau badmood, mau mager, bosen, jenuh, semua itu harus sirna saat mulai On Air.

Nah itu dia sobat viewers, jadi kesimpulannya salah satu penerapan dari kemampuan berpublic speaking bisa dengan siaran radio juga, karena setelah mengenal dan menjelajahi radio banyak banget hal yang bisa di gali. Memang awalnya ngga mudah, tapi ngga ada salahnya juga untuk mencoba ya.

“tempatku bersua, tempatku mengadu canda tawa dan air mata, tanpa terlihat iyaa itu rumah ku, radio ku”

The following two tabs change content below.

Khania Pranisitha

Announcer at FBI Bali Radio
Si gadis yg selalu mengudara menemani pagi siang dan malamnya para anak muda pecinta musik2 hits masa kini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.